Kompas TV nasional peristiwa

Ayah Brigadir J: Dua Cita-cita Belum Tercapai, Ajal Sudah Mencapai

Kompas.tv - 23 Agustus 2022, 14:57 WIB
ayah-brigadir-j-dua-cita-cita-belum-tercapai-ajal-sudah-mencapai
Ayahanda Brigadir J cerita dua hal ini jadi cita-cita mendiang Brigadir J usai prosesi wisuda di Univeritas Terbuka hari ini, Selasa 23 Agustus 2022 (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Lulus sarjana hukum serta menikahi kekasihnya. Itu dua cita-cita Brigadir Brigadir Nofriansyah Hutabarat atau Brigadir J yang dikatakan oleh ayahnya, Samuel Hutabarat. 

Samuel mengisahkan keinginan anaknya yang belum tersampaikan itu seusai prosesi wisuda yang digelar Universitas Terbuka (UT) pada Selasa (23/8/2022) di Pondok Cabe, Tangerang Selatan. 

Samuel mewakili sang anak karena Brigadir J tidak dapat menghadiri prosesi wisuda. Brigadir J wafat pada tangagl 8 Juli 2022 di rumah dinas bekas Kadiv Propam irjen Ferdy Sambo.

"Ada yang belum tercapai. Ajal sudah mencapai. Dua hal yang belum tercapai, pertama dia belum dapat (menerima langsung) ijazah Sarjana Hukum. Kedua rencana di tahun depan untuk menikah," ungkap Samuel dalam Konferensi Pers, Selasa (23/8/2022). 

Capaian Brigadir J membuat Samuel kini terhari. Cita-cita sarjana hukum tercapai saat ajal sudah menjemput, meski Brigadir J tak menerima ijazah dengan tangannya sendiri. 

"Selaku ortu terharu, ketika membesarkan almarhum mulai dari kecil hingga di akhir hidupnya," kata Samuel. 

Apalagi Samuel mengakui ia dan istrinya bukanlah orang kaya. "Mengingat kami perjuangan ortuanya, apalagi kami bukan orang berada. Ini bimbingan Tuhan," papar Samuel. 

Baca Juga: Momen Haru Air Mata Ayahanda Brigadir J Tumpah saat Menerima Ijazah Sang Anak

Kondisi semacam itu menyebut Samuel hari ini sedih, sekaligus terharu. Momen yang diharapkan Brigadir J justru diwakilkan kehadirannya kepada dia. Sang anak justru tidak bisa hadir untuk mengenakan toga dalam prosesi wisuda. 

"Ini kesedihan yang saya pribadi atau kelaurga besar. Sesudah ia berjuang mendapatkan sarjananya, saya yang menggantikan almarhum. Sangat sedih. Sangat sedih," tutup dia. 

Baca Juga: Lagu Batak "Anakku Naburju" Iringi Wisuda Brigadir J, Bikin Ayah, Rektor, dan Wisudawan Menangis

Sebagai informasi Brigadir J semasa hidupnya merupakan mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), UPBJJ-UT Jambi yang terdaftar sejak tahun 2015.

Ia wisuda pada tanggal 23 Agustus 2022 dengan IPK 3.38. 

Sementara, ibunda mendiang adalah alumni UT dan adiknya juga mahasiswa UT. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x