Kompas TV regional berita daerah

Menkes RI : Penularan Cacar Monyet Tak Seganas Covid-19

Kompas.tv - 23 Agustus 2022, 13:14 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

BADUNG, KOMPAS TV - Kementerian Kesehatan telah mengumumkan temuan kasus cacar monyet pertama di Indonesia pada Sabtu ( 20/8) lalu. Satu warga negara Indonesia yang terkonfirmasi cacar monyet ini berada di Jakarta dan baru pulang dari luar negeri.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, meminta masyarakat untuk tidak panik dengan masuknya virus cacar monyet di Indonesia. Pasalnya ia menyebut dari total 35 ribu kasus cacar monyet di seluruh dunia, hanya 12 yang meninggal dunia. 

12 Orang yang meninggal tersebut diketahui bukan karena cacar monyet, melainkan akibat virus tersebut berdampak kepada penyakit penyerta pasien. Menkes Budi Gunadi Sadikin menambahkan, fataliti rate dan penularan cacar monyet tidak secepat Covid-19 dan mudah dikenali.

Ia meminta masyarakat tidak melakukan kontak fisik dan segera menghubungi rumah sakit jika menemukan warga yang memilik gejala cacar monyet, salah satunya yakni munculnya bintik bintik merah dan bernanah. 

Menjaga pola hidup bersih dan sehat serta penerapan prokes wajib dilakukan masyarakat. Hal ini untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan cacar monyet.

 

 

 

 

 

 

#cacarmonyet  #menkesRI  #monkeypox



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x