Kompas TV video vod

Panas! Debat Mahfud MD VS Arteria Dahlan, Pertanyakan Diamnya DPR di Kasus Sambo!

Kompas.tv - 23 Agustus 2022, 10:48 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menko Polhukam sekaligus Ketua Kompolnas mempertanyakan diamnya DPR di kasus Irjen Ferdy Sambo atau kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Menurut Mahfud MD ketika kasus pembunuhan Brigadir J mulai memanas, DPR malah diam dan bukan ikut mendorong kasus ini diungkap.

"Tetapi, ketika sudah memanas, sudah menuju ke ini (tersangka) kok tidak ada suara dari sini (DPR). Mana nih kok DPR diam? Harusnya ikut bersama saya mendorong mengungkap kasus ini."

Mahfud menambahkan bahwa hukum merupakan produk politik. Karenanya, ia tidak bisa jalan sendiri kalau tidak ada tindakan politik yang mendorongnya.

Baca Juga: Debat Panas! Mahfud MD VS Desmond Mahesa Soal Keberadaan Kompolnas di Kasus Brigadir J

"Hukum itu kan produk politik, tidak bisa hukum jalan sendiri kalau tidak ada suasana politik yang mendorongnya. Pro Justicia-nya kita dorong dari gerakan-gerakan politik," ucap Mahfud.

Belakangan, pernyataan Mahfud soal diamnya anggota DPR itu direspons oleh anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan.

Arteria mengatakan, lembaga legislatif tak diam dalam melihat kasus dugaan pembunuhan Brigadir J yang menjerat mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo. 

"Baik dan buruknya Polri adalah baik buruknya Komisi III. Kita tidak genit dan kita tidak berusaha membuat kegaduhan baru," ujar Arteria.

"Saya bicara bagaimana kita tertib bernegara. Dalam pasal 2 Perpres 17 2017 itu (Kompolnas) berpedoman dalam tata pemerintahan yang baik menjalankan fungsional kinerja Polri," ucap Arteria.

Video Editor: Bara Bima



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.