Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Sekitar 9.000 Tentara Ukraina Tewas Selama Invasi Rusia

Kompas.tv - 23 Agustus 2022, 07:14 WIB
sekitar-9-000-tentara-ukraina-tewas-selama-invasi-rusia
Seorang pria mengumpulkan kabel tembaga di pasar yang hancur setelah pemboman Rusia di Nikopol, Ukraina, pada Senin, 22 Agustus 2022. Pemerintah Ukraina memperkirakan sekitar 9.000 tentara mereka telah tewas selama perang berlangung. (Sumber: The Associated Press.)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Desy Afrianti

NIKOPOL, KOMPAS.TV - Invasi Rusia ke Ukraina telah menewaskan sekitar 9.000 tentara Ukraina sejak dimulai hampir enam bulan lalu. Hingga Senin (22/8/2022), pertempuran masih terus berlangsung dan tidak menunjukkan tanda-tanda bahwa perang akan mereda.

Pada acara veteran, kepala militer Ukraina, Jenderal Valerii Zaluzhnyi, mengatakan banyak anak-anak yang Ukraina perlu dipelihara karena ayah mereka pergi ke perang garis depan dan, mungkin, adalah salah satu dari hampir 9.000 pahlawan yang tewas.

Di Nikopol, penembakan yang dilakukan Rusia melukai empat orang pada Senin. Kota di Sungai Dnieper itu telah menghadapi serangan tanpa henti sejak 12 Juli dan telah merusak 850 bangunan dan membuat sekitar setengah dari 100.000 penduduknya mengungsi.

“Saya merasa benci terhadap orang Rusia,” kata Liudmyla Shyshkina, 74 tahun, yang berdiri di tepi apartemen lantai empatnya yang hancur di Nikopol. Apartemen itu kini tidak lagi berdinding. Dia masih terluka akibat ledakan 10 Agustus yang menewaskan suaminya yang berusia 81 tahun, Anatoliy.


 

“Perang Dunia Kedua tidak merenggut ayah saya, tetapi perang Rusia yang mengambilnya,” kata Pavlo Shyshkin, putranya, seperti dikutip dari The Associated Press.

PBB mengatakan 5.587 warga sipil telah tewas dan 7.890 terluka dalam invasi Rusia ke Ukraina yang dimulai pada 24 Februari, meskipun perkiraan itu kemungkinan kecil. Badan anak-anak PBB mengatakan pada hari Senin bahwa setidaknya 972 anak-anak Ukraina telah terbunuh atau terluka sejak invasi Rusia. Direktur Eksekutif UNICEF Catherine Russell mengatakan ini adalah angka yang diverifikasi oleh PBB tetapi mereka yakin jumlah sebenarnya jauh lebih tinggi.

Baca Juga: Rusia Tuduh Ukraina Dalangi Pembunuhan Putri Sekutu Dekat Putin, Tersangka Kabur ke Estonia

Presiden AS Joe Biden dan para pemimpin Inggris, Prancis, dan Jerman pada Minggu meminta Rusia untuk mengakhiri operasi militer yang begitu dekat dengan pembangkit nuklir Zaporizhzhya, yang merupakan pembangkit nuklir terbesar di Eropa. 

Ada kekhawatiran yang meluas bahwa penembakan dan pertempuran yang terus berlanjut di daerah itu dapat menyebabkan bencana nuklir. Rusia telah meminta pertemuan mendesak Dewan Keamanan PBB pada hari Selasa untuk membahas situasi - sebuah langkah "keberanian" yang dikecam Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dalam pidato video malamnya.

Baca Juga: Jelang Hari Kemerdekaan Ukraina, Zelenskyy Minta Rakyat Bersiap Hadapi Kans Serangan ‘Kejam’ Rusia

“Jumlah total rudal jelajah Rusia yang digunakan Rusia untuk melawan kami mendekati 3.500. Tidak mungkin menghitung serangan artileri Rusia; ada begitu banyak dari mereka, dan mereka sangat intens," kata Zelensky, Senin.

Negara-negara Barat telah menjadwalkan pertemuan dewan pada hari Rabu, untuk memperingati enam bulan invasi Rusia, tentang dampak invasi terhadap Ukraina.

Pengumuman Senin tentang jumlah kematian militer Ukraina sangat kontras dengan militer Rusia. Rusia terakhir kali memberikan pembaruan pada 25 Maret dan menyatakan sebanyak 1.351 tentara Rusia tewas selama bulan pertama pertempuran. Dua minggu lalu, para pejabat militer AS memperkirakan bahwa antara 70.000 hingga 80.000 tentara Rusia tewas dan terluka dalam aksi tersebut.



Sumber : The Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.