Kompas TV advertorial

Pesta Rakyat Simpedes 2022 Semarang, Pesta Dukungan UMKM dari BRI

Kompas.tv - 22 Agustus 2022, 17:37 WIB
pesta-rakyat-simpedes-2022-semarang-pesta-dukungan-umkm-dari-bri
BRI menggelar Pesta Rakyat Simpedes 2022 dan sukses terselenggara di Kota Semarang dari tanggal 19 hingga 21 Agustus 2022 di Stadion Diponegoro, Semarang. (Sumber: Dok. BRI)
Penulis : Adv Team

SEMARANG, KOMPAS.TV – Sebagai tonggak perekonomian di Indonesia, UMKM perlu didukung dan diberi pendampingan untuk berkontribusi bagi perekonomian negara.

Di tengah digitalisasi saat ini juga perlu adanya edukasi kepada masyarakat untuk cakap terhadap digital dan literasi keuangan yang baik.

Untuk itu, BRI menggelar Pesta Rakyat Simpedes 2022 dan sukses terselenggara di Kota Semarang dari tanggal 19 hingga 21 Agustus 2022 di Stadion Diponegoro, Semarang.

Kegiatan yang mengusung enam pilar: Pasar, Panggung, Pojok X’sis, Peduli, Pawai, dan Panen ini mengusung tema "Pede Pemimpin Perubahan". Hal tersebut juga memiliki tujuan untuk memberi dukungan bagi UMKM dan edukasi masyarakat terhadap literasi digital maupun literasi keuangan.

Dalam perjalanan acaranya, BRI mencatat kehadiran pengunjung sebanyak lebih dari 25 ribu warga Semarang dan sekitarnya.

Baca Juga: 3 Hari Pesta Rakyat Simpedes Karawang: 25 Ribu Orang Aktivasi BRIMo Lewat Penyuluh Digital BRI

Dukungan BRI menyasar kepada seluruh lapisan masyarakat di daerah, hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno, “Pemerintah berharap BRI memberi dukungan kepada lapisan masyarakat hingga di desa untuk cakap digital dalam hal finansial, contohnya adalah penggunaan QRIS pada transaksi-transaksi, tentu salah satunya sudah dilakukan melalui event PRS ini."

"Kami harap BRI turut mendukung UMKM dalam membantu untuk modal agar bisa tumbuh dan berinovasi pada bisnis, literasi keuangan juga perlu didorong demi membantu masyarakat dari masalah-masalah keuangan di desa,” ujar Sumarno.

BRI sebagai penyelenggara juga fokus terhadap edukasi masyarakat, memberikan pelatihan, dan pemberdayaan lainnya terhadap UMKM demi mendorong perekonomian masyarakat.

Regional CEO BRI Kanwil Semarang Handaru Sakti mengatakan, lebih dari 200 UMKM yang terlibat dalam tiga hari ini dipertemukan untuk bersinergi mengembangkan bisnis dan memberikan pelatihan bagi para UMKM agar percaya diri membawa perubahan.

Baca Juga: Pesta Rakyat Simpedes: Komitmen Pemberdayaan, BRI Dorong Pelaku UMKM Go Digital

"BRI mengedukasi masyarakat dan mendukung program pemerintah untuk menggunakan QRIS agar mempermudah transaksi dan mengelola keuangan dengan baik, tanpa menggunakan cash,” ujar Handaru.

Wujudkan UMKM Naik Kelas di BRI Pesta Rakyat Simpedes 2022

Salah satu UMKM yang berpartisipasi dalam Pesta Rakyat Simpedes 2022 (Sumber: Dok. BRI)

BRI melalui Pesta Rakyat Simpedes 2022 sukses memberikan pelayanan lengkap bagi UMKM dalam program Pasar yang diikuti 200 UMKM.

Selain diberikan bantuan permodalan dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat, dalam program PRS ini dilaksanakan Kelas UMKM, workshop, dan Kelas Inklusi Keuangan yang membahas inovasi bisnis, digital marketing, product development, dan membahas investasi bodong.

Dalam memperkuat kemampuan permodalan usaha dan pelaksanaan pemberdayaan UMKM, BRI memberikan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada UMKM. Hal ini bertujuan untuk membantu berkembangnya pelaku UMKM dalam sisi bantuan modal usaha.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x