Kompas TV regional berita daerah

Inspiratif!! Mahasiswa di Malang Ciptakan Sabun Cuci Ramah Lingkungan

Kompas.tv - 22 Agustus 2022, 17:38 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV-Sekelompok mahasiswa Universitas Brawijaya Malang mengembangkan sabun cuci yang berasal dari cangkang kerang. Selain diklaim ramah lingkungan, sabun cuci ini setara dengan sabun cuci yang dijual di pasaran.

Di salah satu laboratorium Fakultas Perikanan dan ilmu Kelautan Universitas Brawijaya Malang inilah, lima orang mahasiswa mengembangkan inovasinya membuat sabun cuci. Selama 7 bulan, setelahmelalui banyak kegagalan ide sabun cuci yang memanfaatkan limbahcangkang kerang ini akhirnya bisa terealisasi.

Cangkang kerang lokan yang banyak ditemui di wilayah perairan Indonesia menjadi bahan baku untuk pembuatan sabun cuci ini.

Sejumlah restoran seafood memberikan cangkang kerang ini, untuk diolah menjadi sabun cuci. Untuk menghasilkan sabun cuci, cangkang kerang harus dihancurkan terlebih dahulu dan dicampur dengan beberapa bahan dan pewangi.

Teman Bumi, nama dari sabun cuci ini diklaim mampu menjadi anti bakteri dan membersihkan pakaian. Selain itu, sabun cuci ini juga tidak menghasilkan banyak busa sehingga ramah lingkungan. 

Namun karena tidak banyak menghasilkan busa, menjadikan para mahasiswa ini harus meyakinkan masyarakat, karena kebanyakan orang menganggap banyaknya busa membuat pakaian menjadi lebih bersih.

"Kami masih memberikan edukasi dan masih mencari mitra untuk mengembangkan produk kami," ujar salah satu mahasiswa, Tarisa.

Saat ini karya mahasiswa Universitas Brawijaya Malang ini sudah dipasarkan ke beberapa daerah bahkan hingga luar Pulau Jawa. Dalam pemasaran, mereka memanfaatkan pasar online dan offline. 

Tempat usaha cuci pakaian atau laundry menjadi target pemasaran produk ini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x