Kompas TV regional berita daerah

Kampung Miniatur Nusantara Gelar Karnaval Budaya Seni Indonesia

Kompas.tv - 22 Agustus 2022, 16:57 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

JEMBER, KOMPAS.TV - Sebuah kampung yang dikenal dengan Miniatur Nusantara di Jember, Jawa Timur, menggelar karnaval budaya dan seni Indonesia di panggung terbuka jalan pemukiman, Minggu (21/8/2022) sore. Selain mengenalkan keragaman budaya indonesia juga bagian memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77.

Seakan tak mau kalah dalam memperingati hari ulang tahun Kemerdekaan ke 77, karnaval budaya dan seni digelar warga di lingkungan Perumahan Tegal Besar, Kecamatan Kaliwates, Jember, Jawa timur.

Beragam budaya dan seni sengaja dikreasikan dengan gerakan tari kontemporer yang diperankan 350 warga di panggung terbuka jalan perumahan sepanjang 1 kilometer.

Mengusung semangat kebersamaan dan kreatifitas, busana dan pernik yang ditampilkan merupakan karya sendiri dari bahan bekas layak pakai dan iuran bersama.

Dikenal sebagai kampung miniatur nusantara, karnaval budaya dan seni ini sebagai sarana dan upaya informasi keragaman budaya dan kekayaan kepada generasi muda khususnya anak - anak.


Meski dikemas dalam suasana sederhana dan tak semeriah karnaval pada umumnya, rasa persatuan dan kesatuan serta kebersamaan menjadi hal yang penting diusung para warga.

Gelaran karnaval budaya dan seni kampung miniatur nusantara ini ditutup dengan senam dan olah raga bersama yang diperankan oleh ibu - ibu rumah tangga setempat.

#beritajember
#kampungminiaturnusantara
#karnavalbudaya
#seninusantara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x