Kompas TV regional berita daerah

Gelar Aksi, Mahasiswa Dukung KPK Usut Korupsi di Lingkungan Kampus Unila

Kompas.tv - 22 Agustus 2022, 16:41 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

KOMPAS.TV, LAMPUNG – Aliansi mahasiswa unila menggelar aksi damai di depan Gedung Rektorat Universitas Lampung, pada Senin (22/8/2022) pagi.

Aksi ini dilakukan oleh mahasiswa sebagai bentuk kekecewaan mereka kepada sejumlah pejabat tinggi unila yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus suap.

Dalam aksi ini mahasiswa mendukung penuh KPK untuk dapat mengusut secara tuntas kasus korupsi yang menjerat para pejabat unila ini.

Baca Juga: Berjudi di Pos Ronda, 5 Pelaku Diringkus Polisi

M. Ikhsan Habibi selaku Juru Bicara Aliansi Mahasiswa Unila mengungkapkan dalam aksi ini para mahasiswa menyuarakan 7 poin tuntutan, di antaranya pembuatan satgas khusus tindak korupsi yang melibatkan mahasiswa, meminta kemendikbud ristek menunjuk pelaksana tugas rektor di luar dari birokrat Universitas Lampung, mengusut penggunaan dana dari lingkup terkecil termasuk pungli, dan memberikan transparansi seluruh anggaran dana penggunaan seluruh dana aktivitas di Universitas Lampung secara terbuka.

Baca Juga: Ricuh! Petani Singkong Demo Tuntut Standar Harga

Selain itu, para mahasiswa juga menuntur agar direvisinya Peraturan Rektor No. 18 Tahun 2021 dengan melibatkan mahasiswa dan mencabut pembekuan organisasi kemahasiswaan tingkat Universitas dan Fakultas, meminta kemendikbudristek segera memecat secara tidak hormat semua pejabat Universitas Lampung yang dinyatakan tersangka dalam kasus tindak pidana korupsi, dan semua pejabat yang berpotensi terlibat kasus korupsi ini dan yang terindikasi anti terhadap gerakan mahasiswa ditolak untuk menjadi kandidat pengisi jabatan strategis di Universitas Lampung.

“Aliansi Mahasiswa Universitas Lampung mengecam atas tindakan pidana korupsi oleh pejabat Universitas Lampung dan juga kami mendukung KPK untuk mengusut tuntas dan profesional apa yang terjadi di Unila,” ujar Ikhsan.

Sementara, M Komarudin selaku Humas Badan Pengelola Penerimaan Mahasiswa Baru Unila ini pun tidak banyak memberikan tanggapan terkait kedatangan kpk yang tengah melakukan pemeriksaan.

#ottkpk #unjukrasa #rektorunila



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x