Kompas TV nasional rumah pemilu

Puan Temui Surya Paloh, Pengamat Duga PDIP dan Nasdem Ingin Akhiri Spekulasi Konflik

Kompas.tv - 22 Agustus 2022, 06:20 WIB
puan-temui-surya-paloh-pengamat-duga-pdip-dan-nasdem-ingin-akhiri-spekulasi-konflik
Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani. (Sumber: MOH NADLIR/KOMPAS.com)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengamat Politik Adi Prayitno mengungkapkan banyak hal penting yang dapat ditafsirkan dari rencana pertemuan Ketua DPP PDI Perjuangan atau PDIP Puan Maharani dengan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh.

Pertama, kata dia, adanya pertemuan yang akan berlangsung pada Senin (22/8/2022) tersebut, kedua partai ingin menegaskan bahwa tidak ada persoalan serius antara PDIP dan Nasdem.

"Yang paling mungkin kedua partai ini ingin mengakhiri spekulasi liar sedang terjadi konflik, padahal kedua partai ini sebenarnya biasa-biasa saja," kata Adi seperti yang dilaporkan Jurnalis Kompas TV, Isye Naisila Zulmi, Minggu (21/8/2022). 

Dia menuturkan jika pun terjadi konfrontasi perang urat syaraf di media sosial, itu tidak lebih dari sekedar dinamika politik antar pendukung pemerintah. 

"Jadi pertemuan ini adalah sebagai bentuk bahwa keduanya masih sangat mungkin bekerja sama untuk kepentingan jangka panjang terutama Pilpres 2024 yang akan datang," jelasnya.

Penafsiran kedua, PDIP dan Nasdem, akan mencoba melakukan recommitment apakah kedua partai ini dapat berjalan bersama pada Pilpres 2024.

"Atau kah betul seperti apa yang dispekulasikan publik bahwa untuk 2024 Nasdem pisah jalan dengan kongsi politik pemerintah," ujarnya.

Mengingat, lanjut Adi, Nasdem memasukkan nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai salah satu nominator capres koalisional non-pemerintah yang sangat potensial untuk diusung.

"Dalam konteks itulah kemudian pertemuan Puan dengan Surya paloh tentu ingin menegaskan ulang apakah Nasdem bisa diajak bekerja sama di 2024 ataukah memang betul Nasdem memilih jalan yang berbeda mazhab dengan Jokowi, istana, dan PDIP," tegasnya.

Hal tersebut, menurutnya, tentu sebagai salah satu upaya bagaimana kedua partai ini tidak lagi terus menerus dianggap selalu berseberangan. Minimal komunikasi di antara mereka sudah mulai terjalin apapun posisi akhirnya yang akan dipilih.

Baca Juga: Puan Temui Surya Paloh di Nasdem Tower Besok, Kukuhkan Kerja Sama PDIP dan Nasdem?




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.