Kompas TV nasional politik

Puan: Ada Kejutan dari Sosok Menpan RB Pengganti Tjahjo Kumolo

Minggu, 21 Agustus 2022 | 19:30 WIB
puan-ada-kejutan-dari-sosok-menpan-rb-pengganti-tjahjo-kumolo
Ketua DPR RI Puan Maharani berbicara kepada wartawan di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (21/8/2022). (Sumber: Tangkapan layar video KOMPAS TV)

Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Pasti ada kejutan nama yang ditunjuk dan diumumkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menggantikan (almarhum) Tjahjo Kumolo. 

Hal itu dikatakan Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan sekaligus Ketua DPR Puan Maharani saat berada di Kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (21/8/2022).

PDIP dan DPR telah mengatongi nama calon-calon menteri itu. Namun Puan meminta publik untuk menunggu pengumuman resmi Presiden Joko Widodo sebagai pemegang hak prerogatif penentuan menteri. 

"Jadi kita tunggu saja pengumuman dari Presiden," kata Puan menegaskan. "Ya nanti kita lihat pas diumumin, pasti bikin kejutan." 

Baca Juga: Jokowi akan Lantik Menpan RB Bersamaan Peletakan Batu Pertama Istana Negara di IKN

Diberitakan Kompas.TV sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyebut Presiden Jokowi akan segera melantik Menpan RB.

Dia menuturkan, pelantikan akan bersamaan dengan peletakan batu pertama Istana Negara di Ibu Kota Negara, Nusantara, Kalimantan Timur.

"Ada dua insya Allah. Insya Allah ground breaking Istana Negara dengan pelantikan menteri nanti, tapi tidak tahu, itu kami serahkan ke Presiden (Joko Widodo),” kata Heru Budi Hartono di Kompleks Istana Kepresidenan. Rabu (17/8).

Namun, Heru lebih lanjut menyampaikan untuk dua agenda tersebut belum dapat dipastikan soal waktunya.

“Karena kesibukan beliau sebagai seorang Presiden, kemarin juga baru pergi ke Beijing, Tokyo, Seoul, mempersiapkan materi. Sebelumnya ke Eropa, baru kembali kemarin, sudah mempersiapkan 17 Agustus, pidato kenegaraan,” ujar Heru.

“Mudah-mudahan beliau sempatlah untuk bisa memilih menteri yang memang akan dipilih Pak Presiden.”

Sebab, kata Heru, meski belum memilih, Presiden Jokowi sudah mengantongi sejumlah nama yang menjadi kandidat sebagai Menpan RB.

Menpan RB Tjahjo Kumolo wafat pada 1 Juli 2022. Jabatannya sementara diemban oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sebagai Menpan RB ad interim. 

Baca Juga: Selain Tunjuk Pengganti Tjahjo Kumolo untuk Menpan RB, Jokowi Disebut akan Reshuffle Kabinet



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x