Kompas TV nasional peristiwa

Round Up: Rektor Unila OTT KPK, Kasus Pertama Cacar Monyet di Indonesia, Hermanto Dardak Meninggal

Minggu, 21 Agustus 2022 | 10:15 WIB
round-up-rektor-unila-ott-kpk-kasus-pertama-cacar-monyet-di-indonesia-hermanto-dardak-meninggal
Rektor Unila Karomani ditetapkan menjadi tersangka dugaan kasus suap dalam Seleksi Mandiri Universitas Lampung (Simanila) 2022 oleh KPK. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut sejumlah sorotan berita yang terpopuler di Kompas.TV sepanjang Sabtu (20/8/2022) kemarin.

Kemarin, Rektor Universitas Lampung (Unila) ditangkap dalam operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Bandung, Sabtu (20/8/2022) dini hari.

Sorotan berita kedua, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengumumkan kasus pertama monkeypox alias cacar monyet yang terkonfirmasi di DKI Jakarta.

Sorotan ketiga, Hermanto Dardak, ayah Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, meninggal dunia dalam kecelakaan di Tol Pemalang-Batang, Jawa Tengah.

Berikut rangkuman berita Kompas.TV sepanjang Sabtu (21/8/2022):

Baca Juga: 3 Pesan Penting Kemendikbud Ristek ke Pimpinan PTN se-Indonesia usai Rektor Unila Kena OTT KPK

1. Rektor Unila OTT KPK

Rektor Unila Karomani bersama 3 orang lainnya Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat Unila Budi Sutomo (BS), Ketua Senat Unila Muhammad Basri (MB) dan Ajudan Karomani, Adi Triwibowo (AT) terjaring OTT KPK di Bandung.

KPK juga menangkap dosen Unila Mualimin atau ML, Dekan Fakultas Teknik Helmy Fitriawan (HF) dan, Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Unila Heryandi atau HY.

Adapun KPK juga menangkap pegawai swasta Andi Desfiandi di Bali. 

Baca Juga: Rektor Unila Diduga Minta Rp350 Juta agar Lulus Simanila, KPK: Mencoreng Marwah Dunia Pendidikan

Delapan orang tersebut diduga melakukan praktik korupsi dalam penyelenggaraan Seleksi Mandiri Universitas Lampung (Simanila) 2022.

Berita selengkapnya dapat dilihat di sini.

2. Pasien Pertama Cacar Monyet di Indonesia

Juru bicara Kemenkes Muhammad Syahril mengatakan pasien monkeypox atau cacar monyet pertama di Indonesia ini ditemukan di DKI Jakarta.

“Hari ini, pasiennya ada yang satu terkonfirmasi dari DKI Jakarta, seorang laki-laki, umur 27 tahun,” kata Syahril dalam konferensi pers daring yang digelar Sabtu (20/8).

Syahril menjelaskan bahwa pasien pertama cacar monyet di Indonesia dikonfirmasi positif setelah berpergian dari luar negeri.

Baca Juga: Cacar Monyet Terkonfirmasi di Indonesia, PB IDI Minta Masyarakat Tenang, Jangan Panik

Pasien tersebut mengalami sejumlah gejala cacar monyet seperti demam, muncul ruam dan pembesaran kelenjar limfe.

Berita selengkapnya lihat di sini.


3. Hermanto Dardak Meninggal Kecelakaan

Achmad Hermanto Dardak, ayah Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak meninggal dunia akibat kecelakaan.

Mobil yang ditumpangi Hermanto Dardak menabrak bagian belakang truk di KM 341+400 B ruas Tol Batang-Pemalang, Jawa Tengah, Sabtu (20/8/2022) dini hari jelang subuh.

Sang sopir, Angga Saputra (30) diketahui mengalami luka-luka dan langsung dilarikan ke rumah sakit.

Baca Juga: Mantan Wamen PU Hermanto Dardak Dimakamkan di TMP Kalibata, Menteri Basuki Jadi Inspektur Upacara

"Setelah kejadian, korban luka dan meninggal dibawa ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSU Aro Pekalongan dan selanjutnya dibawa oleh keluarga ke rumah duka di Jakarta," kata Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Batang AKP Dhayita Daneswari, Sabtu (20/8). 

Pagi ini, Hermanto Dardak yang juga mantan Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) itu dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.

Berita selengkapnya lihat di sini.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x