Kompas TV nasional peristiwa

Mengenang Sosok Achmad Hermanto Dardak di Mata Keluarga dan Kerabat

Kompas.tv - 20 Agustus 2022, 21:18 WIB
mengenang-sosok-achmad-hermanto-dardak-di-mata-keluarga-dan-kerabat
Arsip Foto. Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak (kiri) bersama ayahnya, Achmad Hermanto Dardak (kanan). (Sumber: ANTARA/HO-Tim Wagub Jatim)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Keluarga dan kerabat Achmad Hermanto Dardak merasakan duka mendalam. Kecelakaan di ruas Tol Transjawa Malang-Batang, Sabtu (20/8/2022) dini hari membuat Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak kehilangan sang ayah.

Kiprah Achmad Hermanto sebagai seorang teknokrat menggiring namanya sebagai tokoh yang berperan dalam pembangunan di penjuru negeri. Ia pernah menjabat sebagai wakil menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) semasa pemerintahan SBY.

Sejumlah pejabat dan tokoh datang ke rumah duka di Kompleks Bina Marga Duren Sawit Jakarta Timur untuk menyampaikan salam perpisahan. Tampak hadir di rumah duka Achmad Hermanto Dardak, antara lain Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Politisi PAN Hatta Rajasa, dan Ketua DPP Partai Demokrat Ruhut Sitompul.

Baca Juga: Wagub Jatim Emil Dardak Kenang Pengabdian Terakhir Sang Ayah: Bantu Pemindahan Ibu Kota Negara

Rencananya, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono juga akan hadir untuk mengucapkan salam perpisahan kepada orang yang pernah berada di jajaran kabinetnya itu.


Pemakaman Achmad Hermanto Dardak akan digelar Minggu (21/8/2022) mulai pukul 08.30 WIB di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta Selatan dengan prosesi khusus. Sebagai penerima Bintang Mahaputra, Hermanto Dardak diberi kesempatan untuk dimakamkan di TMP.

Upacara pemakaman akan dipimpin langsung oleh Basuki Hadimuljono. Dengan kepergian Achmad Hermanto Dardak, Basuki merasa kehilangan sosok think tank dalam tubuh PUPR sehingga menyisakan luka yang mendalam.

“Konsep pembangunan IKN beliau memberi kontribusi untuk forest city dan smart city. Beliau jadi trigger-nya untuk implementasi konsep itu, termasuk green city di kantor PU,” ujarnya.

Mewakili keluarga besar PUPR dan Insinyur Indonesia, ia menyampaikan turut berdukacita dan kehilangan.

“Selalu saya bilang PUPR adalah team work. Beliau ini selalu ingin berkontribusi dalam team work yang dibentuk untuk pembangunan Indonesia,” ucapnya.

Baca Juga: Kecelakaan di Pekalongan, Ayah Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak Meninggal Dunia

Sementara, Emil Dardak mengenang sang ayah sebagai sosok yang tak berhenti belajar serta mengabdi untuk pembangunan negeri. Ia paham betul, Achmad Hermanto Dardak jatuh cinta dengan dunia teknik dan pembangunan.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x