Kompas TV nasional peristiwa

Anies Baswedan: Hermanto Dardak Adalah Sosok yang Tidak Kenal Kata Pensiun

Kompas.tv - 20 Agustus 2022, 16:22 WIB
anies-baswedan-hermanto-dardak-adalah-sosok-yang-tidak-kenal-kata-pensiun
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat melayat ke rumah duka Hermanto Dardak di Jakarta, Sabtu (20/8/2022). (Sumber: Kompas.tv/Ant/Tri Meilani Ameliya)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Wakil Menteri Pekerjaan Umum periode 2009-2014 sekaligus ayah dari Wakil Gubernur Jawa Timur, Achmad Hermanto Dardak mengalami kecelakaan lalu lintas pada Sabtu (20/8/2022) dini hari di ruas Tol Pemalang Batang KM 341+400 arah Jakarta.

Mobil bernomor polisi B-2739-UFZ yang ditumpangi Hermanto terlibat kecelakaan dengan menabrak bagian belakang truk bernomor polisi K-1909-BH.

"Pak Hermanto langsung dibawa ke rumah sakit, tapi nyawa beliau tidak bisa diselamatkan, sedangkan pengemudinya mengalami luka dan sekarang mendapatkan perawaran di rumah sakit," kata Kuncoro, dikutip dari Antara, Sabtu (20/8).

Baca Juga: Momen Emil Dardak Panggul Keranda Jenazah Hermanto Dardak, Raut Muka Sedih tapi Tampak Tegar

Atas berita duka ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenang Hermanto Dardak, sebagai pribadi yang pekerja keras di sepanjang hidupnya untuk pembangunan Indonesia.

"Beliau adalah seorang insinyur pekerja keras yang bekerja sepanjang hidupnya untuk pembangunan di Indonesia," kata Anies kepada wartawan saat melayat ke rumah duka Hermanto Dardak di Jakarta, Sabtu.

Anies menyampaikan Hermanto Dardak sangat menyalurkan pendidikan serta ilmunya untuk mengabdi kepada bangsa Indonesia hingga akhir hayat.

Sempat diketahui oleh Anies, meskipun telah pensiun sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum secara administratif, Hermanto tidak berhenti mengabdi untuk Indonesia.

Baca Juga: Ayahanda Wagub Jatim Emil Dardak Meninggal dalam Kecelakaan di Tol Pemalang-Batang

"Beliau tidak pernah mengenal pensiun, walaupun secara administratif sudah pensiun. Pengabdiannya tidak berhenti, bahkan menjelang wafat pun pulang dari perjalanan itu untuk mengurus kegiatan yang berkaitan dengan rencana pembangunan Indonesia," kenang Anies.


Menurut Anies, banyak pihak yang merasa kehilangan atas wafatnya Hermanto Dardak.

Selain itu ia juga menceritakan bahwa Hermanto Dardak merupakan figur kepala keluarga yang baik dan berhasil mendidik anak-anaknya.

"Beliau pun adalah kepala keluarga yang baik dan berhasil mendidik anak-anaknya. Bahkan, salah satu anaknya yang memimpin di Jawa Timur (Wagub Emil Dardak)," ucapnya.

"Kita doakan, insyaallah beliau kembali dalam keadaan husnul khotimah dan insyaallah ditinggikan derajatnya di sisi Allah SWT dan semua karya yang beliau torehkan nantinya menjadi catatan amal jariyah yang aliran pahalanya tidak terhingga," lanjut Anies.

Baca Juga: Lewat Frank Sinatra, Emil Dardak Kenang sang Ayah Hermanto Dardak: Selamat Jalan, Inspirasi Hidupku



Sumber : Kompas TV, Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x