Kompas TV internasional kompas dunia

Mahathir: Amerika Serikat Berusaha Memprovokasi Perang di Taiwan

Kompas.tv - 19 Agustus 2022, 23:05 WIB
mahathir-amerika-serikat-berusaha-memprovokasi-perang-di-taiwan
Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad menuduh Amerika Serikat mencoba memprovokasi perang di Taiwan. (Sumber: AP Photo/Vincent Thian)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

KUALA LUMPUR, KOMPAS.TV - Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad menuduh Amerika Serikat mencoba memprovokasi perang di Taiwan.

Mahathir, perdana menteri dua kali yang lama dikenal sebagai kritikus Barat dan geopolitiknya, memperingatkan, bahwa AS sedang memusuhi China melalui kunjungan baru-baru ini ke Taiwan oleh Ketua DPR Nancy Pelosi dan lainnya.

China menganggap pulau demokrasi yang diperintah sendiri sebagai bagian dari wilayahnya dan menganggap kunjungan semacam itu sebagai campur tangan dalam urusannya.

"China membiarkan Taiwan tetap sendiri. Tidak masalah. Mereka tidak menyerang. Jika mereka ingin menyerang, mereka bisa saja menyerang. Mereka tidak melakukannya. Tapi Amerika memprovokasi (mereka) sehingga bisa terjadi perang, sehingga China akan membuat kesalahan dengan mencoba menduduki Taiwan," kata Mahathir yang berusia 97 tahun, seperti laporan Associated Press, Jumat (19/8/2022).

"Lalu ada alasan ... bagi AS untuk membantu Taiwan, bahkan melawan China dan menjual banyak senjata ke Taiwan," tambahnya.

Baca Juga: Klarifikasi Mahathir Mohamad Soal Klaim Kepulauan Riau: Saya Tidak Minta Malaysia Mengklaim

Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad menuduh Amerika Serikat mencoba memprovokasi perang di Taiwan. (Sumber: AP Photo/Vincent Thian)

Setelah kunjungan Pelosi, China meluncurkan latihan militer skala besar di sekitar pulau dan menembakkan rudal balistik ke laut.

Beijing juga memperingatkan Washington untuk tidak mendorong Taiwan untuk mencoba membuat kemerdekaan de factonya permanen, sebuah langkah yang menurut China akan mengarah pada perang.

Selain itu Mahathir juga mengomentari politik di negerinya. Dia mengharapkan partai berkuasa Malaysia mengadakan pemilihan umum beberapa bulan mendatang.

Di Malaysia, Mahathir mengatakan Organisasi Nasional Melayu Bersatu UMNO yang berkuasa kemungkinan sedang mempersiapkan jajak pendapat yang kemungkinan besar akan "menang besar." Ia menilai sejumlah pemilih Melayu kembali ke UMNO karena ditawari uang dan insentif lainnya.

"Saya kira mereka ingin mengadakan pemilihan umum tahun ini. Kalau bisa, mungkin dua atau tiga bulan dari sekarang, karena mereka merasa saat ini publik masih memandang mereka, dan oposisi terpecah, tidak teratur," katanya kepada AP.

Pemilihan tidak akan dilakukan sampai September 2023, tetapi beberapa anggota UMNO, termasuk mantan Perdana Menteri Najib Razak dan presiden partai Ahmad Zahid Hamidi, yang keduanya menghadapi tuduhan korupsi, berkumpul untuk pemungutan suara sebelumnya.

Mahathir adalah perdana menteri UMNO selama 22 tahun hingga pensiun pada tahun 2003.

Baca Juga: Anggota DPR Tanggapi Pernyataan Mahathir Mohamad Soal Kepri: Nostalgia, Tak Perlu Dianggap Serius!

Personel militer Taiwan berdiri di sebelah rudal Harpoon A-84 anti-kapal dan rudal udara-ke-udara AIM-120 dan AIM-9 untuk latihan pemuatan senjata di depan jet tempur F16V di Pangkalan Udara Hualien Taiwan, Rabu, 17 Agustus 2022. (Sumber: AP Photo/Johnson Lai)

Dia terinspirasi untuk kembali ke politik menyusul penjarahan besar-besaran dana negara 1MDB selama masa jabatan Najib Razak yang memicu gelombang kemarahan publik dan mendorongnya untuk memimpin oposisi ke kemenangan bersejarah dalam pemilu 2018 yang menggulingkan pemerintahan Najib.

Mahathir menjadi kepala pemerintahan tertua di dunia pada usia 93 tahun, tetapi aliansi reformisnya runtuh dalam waktu kurang dari dua tahun karena pembelotan.



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x