Kompas TV regional berita daerah

Drama Kolosal Pahlawan Bumi Karang Kedawung, Bercerita Keberanian Rakyat Jember

Kompas.tv - 19 Agustus 2022, 10:58 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Ratusan pelajar di Kabupaten Jember Jawa Timur memainkan drama kolosal yang menceritakan perjuangan rakyat Jember dalam melawan penjajah. Dalam catatan sejarah, perjuangan mereka dipimpin langsung oleh Letkol Mohammad Sroedji.

Drama kolosal itu bertema Pahlawan di Bumi Karang Kedawung. Drama itu diperankan oleh ratusan pelajar dan digelar di Alun-alun Kota Jember, pada Rabu (17/8/2022).

Drama itu menggambarkan perlawanan rakyat Jember dalam melawan penjajah, tepatnya perang agresi militer dua tahun 1949. Peristiwa itu terjadi di kawasan Karang Kedawung Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember. Perlawanan rakyat Jember dipimpin langsung oleh Letkol Mohammad Sroedji.

Dengan persenjataan seadanya, pejuang dapat mengalahkan pasukan tentara belanda, meski Letkol Mohammad Sroedji gugur dalam perang tersebut.

Baca Juga: Pelaku Wisata Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa di Gunung Bromo

Sebagai bentuk penghargaan kepada Letkol Mohammad Sroedji dan pejuang lainnya, Pemerintah Kabupaten Jember mengusulkan ke pemerintah pusat sejumlah nama pejuang untuk menjadi pahlawan nasional.

Melalui drama kolosal itu diharapkan generasi muda dapat mengetahui dan meneruskan keberanian leluhur bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan.

 

#DramaKolosal #Pelajar #Pahlawan #Pejuang #HUTRIKe77 #LetkolMohammadSroedji #Jember

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x