Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Amerika Serikat Alami Kelangkaan Tenaga Kerja Gara-Gara Pandemi

Kompas.tv - 19 Agustus 2022, 09:38 WIB
amerika-serikat-alami-kelangkaan-tenaga-kerja-gara-gara-pandemi
Amerika Serikat sedang mengalami kelangkaan tenaga kerja saat ini. Pandemi Covod-19 membuat pasar tenaga kerja AS lesu, karena banyak yang pensiun dini dan pembatasan imigran. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Amerika Serikat kini tengah kesulitan mendapatkan tenaga kerja, akibat pandemi Covid-19. Kondisi tersebut diperburuk dengan meningkatnya angka pensiun dini, tingkat imigrasi lebih rendah, serta populasi penduduk menua bertambah.  

Mengutip Antara, Jumat (19/8/2022), Kamar Dagang AS pada Juni lalu menyebut, ada lebih dari 10 juta lowongan pekerjaan tidak terisi. Sementara jumlah pencari kerja tercatat kurang dari 6 juta. 

Di antara orang-orang yang berhenti bekerja pada musim semi 2020, ketika pandemi mulai menghantam perekonomian AS, jutaan orang memilih pensiun dini karena khawatir akan kesehatan mereka.

Baca Juga: Tiongkok Tuduh "Garuda Shield" Upaya Amerika Serikat Bangun Aliansi

Selain itu, dengan aset yang cukup karena pasar saham bergairah saat itu dan harga real estate tinggi, hal itu mendorong pekerja AS untuk pensiun dini. 

Kurangnya tenaga kerja AS ini diproyeksi masih akan berlangsung selama beberapa waktu ke depan, hingga bisa kembali ke kondisi sebelum pandemi. 

Selain itu, sejumlah pembatasan yang diberlakukan pemerintahan Donald Trump dan dampak pandemi menyebabkan jumlah warga negara asing yang masuk ke negara itu berkurang drastis.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x