Kompas TV olahraga kompas sport

Sir Jim Ratcliffe Ingin Beli Manchester United, Berapa Uang yang Harus Disiapkan?

Kompas.tv - 18 Agustus 2022, 20:47 WIB
sir-jim-ratcliffe-ingin-beli-manchester-united-berapa-uang-yang-harus-disiapkan
Orang terkaya Inggris Sir Jim Ratcliffe dilaporkan ingin membeli Manchester United. (Sumber: Manchester Evening News)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sir Jim Ratcliffe digadang-gadang bakal menjadi pemilik Manchester United selanjutnya, menggantikan Keluarga Glazer, setelah dia dikonfirmasi tertarik untuk membeli klub. 

Salah seorang juru bicara orang terkaya Inggris itu mengatakan pada hari Rabu (17/8/2022) bahwa Ratcliffe tertarik untuk mengambil alih kepemilikan di Old Trafford. 

Pernyataan pemilik perusahaan Ineos itu muncul setelah adanya laporan bahwa pemilik klub saat ini sedang mencari investasi baru.

"Jika klub itu dijual, Jim jelas merupakan pembeli potensial," kata juru bicara itu kepada The Times

“Jika hal seperti ini mungkin, kami akan tertarik untuk berbicara dengan pandangan tentang kepemilikan jangka panjang."

"Ini bukan tentang uang yang telah dibelanjakan atau tidak. Jim melihat apa yang bisa dilakukan sekarang dan, mengetahui betapa pentingnya klub bagi kota, rasanya waktu yang tepat untuk mengatur ulang."

Kabar tersebut disambut baik oleh para pendukung Manchester United, yang telah lama berunjuk rasa untuk mencopot Keluarga Glazer dari tampuk kepemimpinan.

Mengambil alih Manchester United tentu bukan yang mudah. Selain butuh proses, uang yang harus dikeluarkan pun pasti sangat besar dan hanya sedikit orang yang bisa melakukan hal tersebut. 

Baca Juga: Manchester United Upayakan 5 Pemain Baru sebelum Jendela Transfer Ditutup

Lantas berapa uang yang harus dikeluarkan Ratcliffe jika ingin membeli Manchester United? 


Dilansir dari Manchester Evening News, Kamis (18/8/2022), tidak ada angka resmi berapa biaya yang diminta oleh Keluarga Glazer agar mereka melepas kepemilikan Manchester United. 

Hal tersebut dikarenakan hingga saat ini, keluarga asal Amerika Serikat itu tak berniat melepas seluruh kepemilikan mereka dan hanya ingin menjual sejumlah minoritas saham. 

Sebagai gambaran, Keluarga Glazer yang sekarang menjadi pemilik, membeli Manchester United dalam kesepakatan senilai 790 juta pounds pada tahun 2005 dan tentu nilai klub saat ini sudah jauh meningkat.

Forbes menaksir harga Manchester United sekitar 4,6 miliar dollar atau £3,8 miliar pounds (Rp59 triliun) dan menyebut Glazer akan mencari sekitar 4 miliar pounds dari penjualan Manchester United. 

Akuisisi Chelsea dari Roman Abramovich ke Todd Boehly senilai 4,25 miliar pounds juga bisa menjadi gambaran berapa biaya yang harus dikeluarkan Ratcliffe untuk Manchester United. 

Biaya untuk akuisisi Manchester United diperkirakan mungkin akan lebih tinggi tapi tidak akan jauh dari angka tersebut.

Sementara laporan terbaru dari Goal menyebut akuisisi Manchester United sekarang kemungkinan akan menelan biaya lebih dari 5 miliar pounds atau Rp89 triliun. 

Baca Juga: Tekanan Terus Meningkat, Keluarga Glazer Pertimbangkan Jual Saham Manchester United



Sumber : Manchester Evening News

BERITA LAINNYA



Close Ads x