Kompas TV regional berita daerah

Drama Kolosal Perjuangan Rakyat Melawan Penjajah Belanda

Kompas.tv - 18 Agustus 2022, 19:58 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

JEMBER, KOMPAS.TV - Ratusan siswa dan siswi di Jember, Jawa Timur, reflesikan perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah Belanda dengan drama kolosal pahlawan di Bumi Karang Kedawung. Drama ini menggambarkan perlawanan Letkol Mohammad Sroeji bersama pejuang yang menduduki daerah Jember.

Drama kolosal pahlawan di Bumi Karang Kedawung yang diperankkan ratusan siswa siswi sekolah ini, di gelar di alun - alun Kota Jember, Jawa Timur, Rabu (17/8/2022) sore.

Pahlawan di bumi karang kedawung menggambarkan perlawanan rakyat jember melawan penjajah yang dipimpin Letkol Mohammad Sroeji di kawasan daerah Karang Kedawung, Kecamatan Mumbulsari, Jember, dalam perang agresi militer dua tahun 1949.

Kekejaman tentara Belanda yang menghanguskan dan melukai rakyat, yang saat itu sedang merayakan kemerdekaan, dibalas dengan perlawanan gigih para pejuang.

Dengan persenjataan seadanya, pejuang dapat mengalahkan pasukan tentara belanda meski Letkol Mohammad Sroeji gugur dan disiksa tentara Belanda.

Drama kolosal ini sebagai bentuk edukasi sejarah tentang perlawanan rakyat Indonesia dan demi mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Tak sedikit warga yang menyaksikan drama kolosal ini merasakan haru dan bangga terhadap kegigihan dan perlawanan rakyat melawan Belanda.

Bentuk penghargaan kepada Letkol Mohammad Sroeji dan pejuang lainnya, Pemerintah Kabupaten Jember mengusulkan ke pemerintah pusat sejumlah nama pejuang untuk menjadi pahlawan nasional.

Drama kolosal yang melibatkan ratusan siswa siswi ini diharapkan tidak hanya sebagai ajang teaterikal dan pementasan, namun sebagai bentuk edukasi bahwa jangan pernah berhenti berjuang dalam mencapai kemerdekaan dan cita - cita.

#beritajember
#dramakolosal
#pahlawan
#mohammadsroeji



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.