Kompas TV regional berita daerah

Mengintip Kamar Singgah Bung Karno Di Hotel Rembangan

Kamis, 18 Agustus 2022 | 19:56 WIB

Penulis : KompasTV Madiun

JEMBER, KOMPAS.TV - Kamar melati 01 di hotel Rembangan, Kecamatan Arjasa, Jember, Jawa Timur, memiliki sejarah tersendiri bagi sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Kamar  yang terletak di tengah perkebunan terpencil di lereng pegunungan argopuro. Ini menjadi tempat peristirahatan Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno.

Terletak 15 kilometer dari pusat kota dengan ketinggian kurang lebih 600 meter dari permukaan laut, kamar melati 01 hotel rembangan, di Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, Jember, Jawa Timur, masih berdiri megah dan terawat keasliannya.

Lokasi kamar melati, berada di lantai dua hotel rembatan, melewati puluhan tangga yang disambut dengan pintu kuno berbahan kayu jati.

Suasana dalam ruang kamar didominasi dinding dari bahan kayu jati berwarna coklat dengan perabotan sederhana berupa lemari kayu dan meja kecil serta sejumlah foto Presiden Soekarno terpampang rapi.

Kamar berukuran kurang lebih 4 kali 6 meter ini tempat dimana Soekarno singgah dan beristirahat dalam kunjungan ke Kota Jember.

Kamar ini juga berfungsi sebagai tempat pengawasan areal perkebunan yang ditanami beragam tanaman, seperti tembakau, tebu, pohon karet dan beragam tanaman lainnya.

Sebagai bentuk edukasi dan pengenalan sejarah, para pengunjung diperkenankan sekedar untuk melihat suasana kamar dan juga dapat merasakan menginap di kamar persinggahan Presiden Soekarno dengan tarif 445 ribu rupiah per malam.

Kamar melati 01 hotel rembangan, sebagian kecil lokasi dan tempat bersejarah yang pernah disinggahi Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno.

#beritajember
#rembanganjember
#soekarno
#kamarsoekarno
#presidensoekarno

 


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


VOD

Harga BBM Subsidi Naik, Warga Semakin Berhemat

Minggu, 25 September 2022 | 00:40 WIB
Close Ads x