Kompas TV regional berita daerah

Pemuda Peduli Sejarah, Menggali Cerita Dari Para Veteran

Kompas.tv - 18 Agustus 2022, 19:55 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

BLITAR, KOMPAS.TV - Di tengah kemajuan zaman, sekolompok pemuda di Blitar justru peduli dengan sejarah kemerdekaan Republik Indonesia. Dengan penuh semangat, mereka terus menggali cerita perjuangan kemerdekaan dari para veteran yang kini masih hidup.

Sejarah tidak membuatmu kuno, namun justru membimbingmu pada kemajuan. Moto itulah, yang dipegang erat sekelompok pemuda di Kota Blitar yang peduli akan sejarah kemerdekaan Republik Indonesia.

Sekelompok pemuda tersebut menamai dirinya sebagai Asri, yang memiliki kepanjangan makna, album sejarah Indonesia. Berdiri sejak tahun 2020 lalu, kelompok pemuda ini, terus menggali cerita sejarah kemerdekaan dari sejumlah veteran yang ada di Blitar.

Dengan penuh semangat sekelompok pemuda tersebut, rutin mendatangi para veteran setiap bulannya. Mereka datang untuk menjenguk, serta mendengarkan cerita perjuangan kemerdekaan dari para veteran.

Cerita itulah yang kemudian diabadikan oleh para pemuda di media sosial youtube, maupun instagram. Hal itu dilakukan kelompok Asri, agar cerita para veteran tidak hilang begitu saja, saat sang pejuang kemerdekaan telah wafat.

Selain itu pengarsipan dengan media sosial ini juga dinilai lebih efektif mengenalkan sejarah pada anak muda. Sehingga di tengah kemajuan zaman ini, sejarah kemerdekaan tetap abadi dan bisa dikenal oleh para pemuda.

Sejauh ini, sudah ada 25 veteran di Blitar yang telah diabadikan cerita perjuangannya oleh kelompok Asri. Tak hanya menggali sejarahnya, para pemuda ini juga sering berkunjung ke rumah para veteran untuk memberikan bingkisan dan melihat kondisi kesehatannya.

Sementara itu, para veteran dan keluarganya merasa bahagia sekaligus bangga, atas apa yang dilakukan oleh para pemuda tersebut. Kehadiran para pemuda tersebut seperti pelipur lara ditengah kurangnya perhatian terhadap veteran.

Salah satunya adalah veteran yang sering dikunjungi oleh kelompok Asri adalah, Mayor Soetadji. Pengawal Jendral Sudirman tersebut merasa bahagia dan terhibur atas kehadiran para pemuda dari kelompok Asri.

Terlebih mereka mau peduli dan mengabadikan cerita sejarah perjuangan para veteran.

Para pemuda tersebut berencana akan terus menggali cerita dari para veteran hingga keluar daerah Blitar. Bagi mereka, sejarah merupakan tonggak kemajuan bangsa. Sehingga sejarah kemerdekaan harus dipelihara dengan baik agar bangsa Indonesia bisa maju.

#beritablitar
#pemudapedulisejarah
#pemuda
#veteran

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x