Kompas TV regional berita daerah

Miris Dermaga Pelabuhan Di Pulau Fani Perbatasan NKRI Kondisi Rusak

Kompas.tv - 18 Agustus 2022, 19:13 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Fasilitas penyeberangan berupa dermaga di Wilayah perbatasan Negara, tepatnya di pulau terluar masih butuh perhatian pemerintah, karena kondisinya sudah tidak layak untuk digunakan.

Inilah kondisi jembatan di dermaga Pulau Fani, Distrik Ayau, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Meskipun pulau ini tak berpenghuni dan hanya dijaga oleh aparat keamanan, namun tempat ini biasa digunakan untuk bersandar kapal yang akan menyinggahi pulau fani dan beberapa pulau lainnya.

Kerusakan dermaganya dikategorikan kerusakan sedang, lantai dermaga sudah pecah dan hanya disambung dengan kayu seadanya. Kondisi ini sudah terjadi sejak lama. Bahkan sangat rawan kecelakaan bila dilewati banyak orang.

Melihat kondisi tersebut, Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua Barat akan segera memperbaiki lantai dari dermaga, mengingat struktur jembatan bagus masih dikategorikan baik. 

Dalam APBD perubahan Provinsi Papua Barat, Dinas PU akan mengajukan perbaikan dermaga tersebut sekaligus tugu prasasti Pulau Fani sebagai pertanda daerah terluar.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x