Kompas TV video vod

Tali Bendera Putus : Gibran Semangati Paskibraka Solo Hingga Aksi Heroik Warga Panjat Tiang Bendera

Kompas.tv - 18 Agustus 2022, 14:30 WIB
Penulis : Aisha Amalia Putri

SOLO, KOMPAS.TV - Upacara Hari Kemerdekaan di Solo, Jawa Tengah, kemarin diwarnai insiden putusnya tali pengait bendera, tepat saat prosesi pengibaran Bendera Merah Putih berlangsung.

Sementara itu di Karawang, Jawa Barat, seorang petani mendapatkan apresiasi usai videonya yang nekat menaiki tiang bendera untuk memperbaiki tambang bendera yang tersangkut, viral di media sosial.

Upacara pengibaran Bendera Merah Putih di Lapangan Sriwedari Solo, Jawa Tengah, tahun ini berlangsung berbeda.

Pasalnya, tali pengait Bendera Merah Putih putus tepat saat pasukan pengibar bendera membentangkan bendera, dan bersiap menaikkan bendera.

Meski tak dapat berkibar, bendera merah putih tetap dibentangkan sebagai penghormatan oleh petugas Paskibra.

Usai upacara, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menemui Paskibraka dan tetap memberikan semangat.

Baca Juga: Unik, Satwa Penghuni Taman Safari BDC Ikut Upacara HUT RI

Sore harinya, upacara penurunan bendera berlangsung lancar dan Tim Paskibra berhasil menurunkan bendera dan mengembalikan ke Wakil Wali Kota Teguh Prakosa, yang bertindak sebagai inspektur upacara penurunan bendera.

Sementara, di Karawang, Jawa Barat, Saepullah, pria yang sehari-hari bekerja sebagai petani, nekat menaiki tiang bendera saat upacara berlangsung, untuk memperbaiki tali tambang yang tersangkut.

Padahal sebelumnya, dua orang peserta upacara berusaha naik dan memperbaiki tali pengerek tetapi gagal, hingga akhirnya Saepullah yang kebetulan melintas, langsung berinisiatif naik dan memperbaiki tali.

Aksinya ini pun viral, hingga mendapat penghargaan dari Komandan Kodim 0604 Karawang.

Aksi memanjat tiang bendera saat upacara kemerdekaan, juga terjadi di Kantor Camat Semparuk, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Tali pengerek bendera terlepas ketika petugas Paskibra bersiap memasang bendera.

Rajili, salah seorang pelajar SMKN 1 Semparuk kemudian memanjat tiang bendera, untuk memperbaiki tali hingga pelaksanaan upacara berlangsung dengan lancar.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.