Kompas TV video vod

Cara Unik Rayakan HUT ke-77 RI Hingga Warga Cianjur Nabung 15 Tahun untuk Beli Bendera 222 Meter!

Kamis, 18 Agustus 2022 | 14:25 WIB
Penulis : Aisha Amalia Putri

TRENGGALEK, KOMPAS.TV - Ada banyak cara unik dalam memperingati HUT Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia.

Termasuk cara unik dalam mengibarkan Bendera Merah Putih saat upacara.

Di Trenggalek, Jawa Timur, Bendera Merah Putih raksasa dikibarkan di tebing dengan ketinggian 360 meter dari dasar gunung.

Bendera yang dibentangkan itu sepanjang 30 meter dan lebar 20 meter.

Aksi ini digagas Kelompok Sadar Wisata Lambang Kuning dan pemerintah Desa Nglebo, dan tim pemanjat profesional dari Bandung, Jawa Barat.

Cara unik lainnya dalam HUT ke-77 RI adalah dengan mengibarkannya di Jembatan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzamsyah, Kota Pekanbaru, Riau.

Bendera Merah Putih raksasa dengan ukuran 20 x 10 meter itu, dibentangkan oleh Mahasiswa Pencinta Alam atau Mapala yang tergabung dalam Komunitas Kampung Merah Putih.

Para peserta upacara berdiri di tepian Sungai Siak, sedangkan pembina upacara berada di tengah Sungai Siak menggunakan perahu.

Bicara soal bendera tak selalu soal upacara.

Baca Juga: Lomba Membuat Karedok Meriahkan HUT Ke – 77 RI

Sebagai wujud kecintaan terhadap NKRI dan perjuangan para pahlawan, seorang kuli bangunan, bernama Ecen Rosadi menyisihkan uang selama 15 tahun untuk membeli Bendera Merah Putih sepanjang 222 meter.

Bendera dibentangkan dekat rumah Ecen Rosidi di Kampung Darmaga, Desa Sukaratu, Kecamatan Bojong Picung, Cianjur, Jawa Barat.

Pembuatan bendera ia selesaikan tahun 2019 lalu.

Namun, karena pandemi, Ecen baru bisa membentangkan Bendera Merah Putih sepanjang 222 meter tahun ini.

Ecen mengaku puas karena uang Rp8 juta lebih hasil dari tabungannya selama 15 tahun bisa membuat ambil bagian dalam peringatan HUT Kemerdekaan.

Ecen berharap Bendera Merah putih Yang dibentangkan membuat warga semakin mencintai NKRI dan mengingat jerih payah perjuangan para pahlawan saat merebut Kemerdekaan Republik Indonesia.

 

 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


VOD

Kompak, 6 Terdakwa OOJ Sebut Ditipu Ferdy Sambo

Sabtu, 4 Februari 2023 | 14:55 WIB
VOD

Kreasi Pengusaha Kue Rumahan di Kota Sukabumi

Sabtu, 4 Februari 2023 | 14:43 WIB
Close Ads x