Kompas TV regional berita daerah

Panjat Pinang di Sungai Meriahkan HUT ke-77 RI

Kompas.tv - 18 Agustus 2022, 14:04 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

KOMPAS.TV, LAMPUNG – Warga Pesawahan, Teluk Betuk Selatan, Kota Bandar Lampung kembali menggelar perlombaan untuk merayakan Kemerdekaan Indonesia ke-77 setelah sempat absen selama dua tahun lamanya akibat pandemi Covid-19.

Berbagai perlombaan digelar, mulai dari lomba panjat pinang, makan kerupuk, balap karung, bermain bola dengan daster untuk pria, serta unjuk kemampuan mengaji dan adzan.

Namun, salah satu perlombaan yang paling ditunggu, ialah lomba panjat pinang yang digelar di aliran sungai permukiman warga.

Baca Juga: Lampung Nahdiyin Center sebagai Pusat Pendidikan

Lomba panjat pinang ini diikuti oleh delapan peserta yang saling bahu membahu untuk dapat menaiki dan meraih berbagai macam hadiah yang terikat di atas pohon pinang.

Setelah hadiah-hadiah tersebut diperoleh, biasanya peserta yang berada di puncak akan melemparkannya pada peserta atau warga yang berada di bawah.

“Ini untuk lomba untuk memupuk rasa kekompakan, kebersamaan antarpemuda. Kalau untuk panjat pinang udah dari jaman orang tua kita, sih, dilakuin di kali (sungai) ini,” kata Yahya Suherman panitia lomba.

Baca Juga: Antrean Solar Mengular di Sejumlah SPBU Bandar Lampung

Lomba panjat pinang ini merupakan salah satu permainan tradisional yang biasa digelar oleh warga sekitar dengan antusias dan mendapat sorak sorai dari warga yang menyaksikan.

#panjatpinang #hutke77ri #lomba17agustus



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x