Kompas TV nasional hukum

Kapolri Diminta Tertibkan Kubu Ferdy Sambo yang Diduga Melakukan Perlawanan soal Kasus Brigadir J

Kompas.tv - 18 Agustus 2022, 09:38 WIB
kapolri-diminta-tertibkan-kubu-ferdy-sambo-yang-diduga-melakukan-perlawanan-soal-kasus-brigadir-j
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo saat menjelaskan perkembangan kasus pembunuhan Brigadri J di Mabes Polri, Selasa (9/8/2022). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapolri Jenderal Listyo Sigit diminta bertindak untuk memperingatkan hingga menertibkan kelompok pendukung Irjen Ferdy Sambo yang diduga memberikan perlawanan terkait pengusutan kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Demikian hal tersebut disampaikan oleh Ketua Indonesia Police Watch atau IPW Sugeng Teguh Santoso menanggapi perkembangan kasus pembunuhan berencana Brigadir J.

Baca Juga: Ada Dugaan Pencurian Uang Brigadir J Usai Terbunuh, Kamaruddin: Tak Terbayang Kejahatannya

"Pak Kapolri sekiranya ada pihak-pihak intervensi, ikut campur dalam proses penyidikan, Pak Kapolri harus menertibkan, harus diberikan peringatan," kata Sugeng kepada wartawan di Jakarta, Rabu (17/8/2022), seperti dikutip dari Tribunnews.com.

Sugeng menyebutkan bahwa ada perlawanan di internal Polri setelah mantan Kadiv Propam Polri itu ditetapkan sebagai tersangka kasus pembunuhan berencana terhadap ajudannya Brigadir J.


 

Menurut dia, upaya perlawanan yang dilakukan kubu pendukung Irjen Ferdy Sambo masih ada di internal Polri. Namun, kata dia, hal itu tidak tampak di permukaan.

Sugeng menuturkan salah satu upaya perlawanan yang dilakukan kubu Irjen Ferdy Sambo yaitu dengan menyerang Tim Khusus yang dibentuk Kapolri Jenderal Listyo Sigit dengan menyebarkan isu-isu negatif.

Baca Juga: Cerita di Magelang Sebelum Brigadir J Dibunuh, Perayaan Ultah Pernikahan Ferdy Sambo-Pertengkaran

"Perlawanan itu menurut saya masih ada. Namun, tidak tampak di permukaan. Perlawanan misalnya menyebarkan isu negatif ke Timsus," ucap Sugeng.

Sugeng pun berharap Kapolri Jenderal Listyo Sigit bersikap tegas dan tidak ragu untuk memberikan peringatan hingga menertibkan kelompok yang mendukung Irjen Ferdy Sambo tersebut.

Menurut Sugeng, ketegasan Kapolri dibutuhkan dan perlu dilakukan jika memang mereka ikut campur dalam proses penyidikan kasus pembunuhan Brigadir J.

Lebih lanjut, Sugeng mengakui bahwa Irjen Ferdy Sambo memang cukup memiliki pengaruh di internal Korps Bhayangkara.

Baca Juga: IPW Sebut Ada Perlawanan di Internal Polri, Kubu Ferdy Sambo Sebar Serangan Isu Negatif ke Timsus

Hal itu ditandai dengan terlibatnya puluhan anggota Polri yang ikut mempengaruhi penyelidikan awal kasus pembunuhan Brigadir J.



Sumber : Kompas TV/Tribunnews.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x