Kompas TV olahraga kompas sport

Apa Inspirasi dan Makna Logo Resmi Piala Dunia U20 2023 Indonesia? Simak Penjelasannya

Kompas.tv - 18 Agustus 2022, 04:45 WIB
apa-inspirasi-dan-makna-logo-resmi-piala-dunia-u20-2023-indonesia-simak-penjelasannya
Inspirasi dan makna logo resmi Piala Dunia U20 2023 Indonesia. (Sumber: FIFA.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - FIFA baru saja merilis emblem atau logo resmi Piala Dunia U20 2023 Indonesia, Rabu (17/8/2022) WIB.

Peluncuran logo Piala Dunia U20 2023 tersebut  bertepatan dengan perayaan HUT ke-77 RI. 

Dalam laman resmi FIFA, logo tersebut berbentuk trofi Piala Dunia dengan adanya globe tepat di atasnya. 

Globe tersebut didominasi warna merah serta warna lain seperti putih, biru laut, dan hijau yang sangat melambangkan Indonesia. 

Warna merah putih merupakan warna bendera Indonesia. Sementara, warna biru laut menggambarkan lautan di mana Indonesia adalah negara yang mayoritas wilayahnya adalah laut. 

Warna hijau menggambarkan alam hutan Indonesia yang dikenal sebagai paru-paru dunia. 

Di tengah globe, ada bentuk segilima yang mempunyai makna gelaran Piala Dunia U20 dibuat untuk lima benua di dunia.

Kemudian, tipografi ekor di huruf "A" pada kata Indonesia terinspirasi dari bentuk aksara Jawa.

Secara menyeluruh, makna logo Piala Dunia U20 2023 ingin menyampaikan semangat, warna, keragaman, dan semangat perayaan dari sebuah kompetisi di jantung Asia Tenggara. 

Baca Juga: Bertepatan dengan HUT ke-77 RI, FIFA Rilis Logo Resmi Piala Dunia U20 2023 Indonesia

Direktur Turnamen FIFA Jaime Yarza mengatakan, peluncuran logo Piala Dunia U20 2023 ini merupakan tonggak sejarah karena ini menjadi pertama kalinya Indonesia menggelar turnamen resmi dari FIFA. 

"Ini akan menjadi kompetisi FIFA pertama yang diadakan di Indonesia, dan peluncuran Emblem Resmi merupakan tonggak sejarah yang menarik dalam perjalanan ini," kata Jaime dikutip dari laman resmi FIFA. 

“Selain menjadi kesempatan yang tepat untuk menunjukkan semangat sepak bola Indonesia kepada dunia, menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 juga akan membantu mengembangkan olahraga di Tanah Air, dan akan ada warisan infrastruktur yang signifikan yang akan bermanfaat bagi sepak bola di Indonesia pada tahun-tahun mendatang," imbuhnya. 


Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan, peluncuran logo resmi Piala Dunia U20 2023 menjadi awal kebangkitan sepak bola Indonesia di pentas dunia. 

"Peluncuran logo resmi Piala Dunia U20 Indonesia 2023 yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia menandakan bahwa sepak bola Indonesia siap bangkit dan tampil memukau di pentas dunia," kata Iriawan. 

“Tentunya turnamen ini juga akan mewariskan banyak hal baik untuk perkembangan sepakbola Indonesia ke depan, seperti infrastruktur dan pembangunan sepakbola," ujarnya.

Baca Juga: Menpora: Pemerintah Siap Gelar Piala Dunia U20 2023 Indonesia

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.