Kompas TV TALKSHOW b-talk

Siasat Atasi Hambatan Pembiayaan Dan Penetrasi Ekonomi Digital (3) - BTALK

Kompas.tv - 17 Agustus 2022, 13:10 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Belajar dari kejadian 1998 dan 2008, para pelaku UMKM diakui sebagai tulang punggung perekonomian masyarakat. Namun, perhatian pemerintah dan kebijakan yang dibuat sampai saat ini tampaknya belum maksimal. Sampai saat ini, permasalahan lama seperti kualitas SDM yang rendah, sulitnya mendapat akses modal usaha, dan belum maksimalnya pemanfaatan teknologi digital masih jadi halangan terbesar untuk bisa naik level.

Sekjen Asosiasi UMKM Indonesia, Eddy Misero, mengungkapkan bahwa sebenarnya sumber pembiayaan ada banyak yang dibuka, tapi problemnya kebanyakan justru di teknis persyaratan untuk mendapatkan pembiayaan tersebut yang dirasa justru menyulitkan pelaku UMKM.

selain itu, problem perubahan pola konsumsi masyarakat yang beralih ke ekonomi digital sayangnya dirasa masih belum merata di seluruh pulau di Indonesia apalagi di daerah Tiga T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).

Bagaimana para pelaku UMKM bisa menyiasati hambatan-hambatan tersebut? dan hal apa yang perlu didorong kepada pemerintah daerah agar adanya pemerataan ekonomi digital? Saksikan program B-Talk dalam episode “UMKM Berjaya, Ekonomi Merdeka” bersama Jurnalis KompasTV Mysister Tarigan bagian ketiga.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x