Kompas TV internasional kompas dunia

Korea Selatan Tegaskan Tidak Berminat Bangun Senjata Nuklir Penangkal Hadapi Korea Utara

Kompas.tv - 17 Agustus 2022, 12:49 WIB
korea-selatan-tegaskan-tidak-berminat-bangun-senjata-nuklir-penangkal-hadapi-korea-utara
Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol, hari Rabu, (17/8/2022) mengatakan tidak punya rencana membuat penangkal nuklir menghadapi ancaman nuklir Korea Utara (Sumber: Chung Sung-Jun/Pool Photo via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

SEOUL, KOMPAS.TV — Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol, hari Rabu, (17/8/2022) mengatakan pemerintahnya tidak punya rencana untuk membuat penangkal nuklir menghadapi ancaman nuklir Korea Utara yang semakin meningkat, saat ia mendesak Korea Utara kembali berdialog, bertujuan untuk bertukar langkah denuklirisasi untuk manfaat ekonomi seperti laporan Associated Press, Rabu, (17/8/2022).

Dalam konferensi pers di Seoul, Yoon mengatakan Korea Selatan tidak menginginkan perubahan politik di Korea Utara yang dilakukan secara paksa dan dia menyerukan diplomasi yang bertujuan untuk membangun perdamaian yang berkelanjutan, di tengah ketegangan atas program percepatan senjata Korea Utara.

Komentar Yoon muncul beberapa hari setelah dia mengusulkan paket bantuan ekonomi yang "berani" ke Korea Utara jika Korea Utara meninggalkan program senjata nuklirnya, sambil menghindari kritik keras terhadap Korea Utara setelah mengancam pembalasan "mematikan" atas wabah Covid-19 yang dituduhkan pada Korea Selatan.

Ketegangan dapat meningkat lebih lanjut minggu depan ketika Amerika Serikat dan Korea Selatan memulai pelatihan militer gabungan terbesar mereka dalam beberapa tahun untuk melawan ancaman Korea Utara.

Korea Utara menggambarkan latihan semacam itu sebagai latihan invasi dan sering menanggapinya dengan uji coba rudal atau provokasi lainnya.

Usulan Yoon untuk bantuan besar-besaran makanan, perawatan kesehatan dan modernisasi kekuatan dan infrastruktur pelabuhan mirip dengan tawaran Korea Selatan sebelumnya yang ditolak oleh Korea Utara, yang malah mempercepat pengembangan senjata nuklir dan rudal balistik.

Baca Juga: Republik Donetsk yang Memerdekakan Diri dari Ukraina Desak Kerja Sama dengan Korea Utara

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menghadiri parade militer, Rabu (27/4/2022). Kim Jong-un berjanji militer dan senjata nuklir Korea Utara jadi lebih kuat.  (Sumber: Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)

Hal itu dilihat pemimpin Kim Jong Un sebagai  jaminan kelangsungan hidup terkuat negaranya.

Namun, Yoon menyatakan harapan untuk adanya "dialog yang berarti" dengan Korea Utara tentang rencananya dan menekankan bahwa Seoul bersedia memberikan imbalan ekonomi yang sesuai pada setiap langkah dari proses denuklirisasi bertahap jika Korea Utara berkomitmen pada "peta jalan" asli untuk sepenuhnya meninggalkan program senjatanya.

"Kami tidak mengatakan kepada mereka untuk 'denuklirisasi seluruhnya terlebih dahulu dan kemudian kami akan menyediakannya,'" kata Yoon.

"Apa yang kami katakan adalah bahwa kami akan memberikan hal-hal yang kami bisa, setara dengan langkah mereka, bila mereka menunjukkan tekad yang kuat (menuju denuklirisasi)."

Hubungan antar-Korea memburuk di tengah kebuntuan dalam negosiasi nuklir yang lebih besar antara Korea Utara dan AS yang tergelincir pada awal 2019 karena ketidaksepakatan atas pelonggaran sanksi atas Korea Utara dengan imbalan langkah-langkah perlucutan senjata.

Korea Utara meningkatkan pengujian rudalnya tahun 2022, meluncurkan lebih dari 30 senjata balistik sejauh ini, termasuk rudal balistik antarbenua pertamanya dalam hampir lima tahun.

Baca Juga: Rusia Bantah Kim Jong-Un Bakal Kirim 100.000 Tentara Korea Utara ke Ukraina: Itu Cerita Palsu

Peluncuran peluru kendali Hwasong-15 oleh Korea Utara pada tahun 2017. Korea Utara menggertak sebagai satu dari segelintir negara yang memiliki senjata nuklir dan peluru kendali canggih, salah satunya Hwasong-15 yang digadang mampu mencapai titik manapun di Amerika Serikat (Sumber: AP Photo/KCNA)


Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.