Kompas TV nasional peristiwa

Pengakuan Abu Bakar Ba'asyir Usai Ikuti Upacara 17 Agustus, Pertama dalam Sejarah Ponpes Ngruki

Rabu, 17 Agustus 2022 | 11:51 WIB
pengakuan-abu-bakar-ba-asyir-usai-ikuti-upacara-17-agustus-pertama-dalam-sejarah-ponpes-ngruki
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan pendiri Ponpes Al Mukmin Ngruki Abu Bakar Baasyir seusai pelaksanaan upacara bendera peringatan HUT ke-77 RI di halaman ponpes setempat, Rabu (17/8/2022).( (Sumber: KOMPAS.com/LABIB ZAMANI)

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Eks Narapadina terorisme, Abu Bakar Ba'asyir, mengikuti prosesi upacara bendera 17 Agustus 2022 dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Mukmin, Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (17/8/2022).

Abu Bakar Ba’asyir tampak di deretan depan dalam prosesi upacara itu.

Ia duduk bersama deretan Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Achiruddin, Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Czi Slamet Riyadi dan tamu undangan.

Dalam pengakuannya, Abu Bakar Ba'asyir mengatakan pelaksanaan upacara bendera 17 Agustus tersebut merupakan yang pertama kali sejak Ponpes Al Mukmin berdiri 10 Maret 1972 silam.

“Baru kali ini (upacara 17 Agustus) sejak (pondok) berdiri," kata Abu Bakar Ba'asyir seusai mengikuti upacara bendera merah putih peringatan 17 Agustus di halaman pondok, Rabu (17/8/2022) dilansir dari kompas.com.


 

Dia juga mengatakan, upacara bendera di Ponpes Ngruki berjalan dengan baik.

Upacara ini, kata dia, juga merupakan bentuk syukur.

"Jadi memang kewajiban kita ini apa saja yang dikaruniai oleh Allah harus dibalas dengan syukur diwujudkan dalam bentuk upacara. Di masjid setelah ini akan diwujudkan dalam bentuk sujud syukur," kata dia.

Ia juga menjelaskan arti syukur itu.

Menurutnya, wujud syukur seperti kemerdekaan 17 Agustus adalah bentuk nikmat Allah SWT, maka dari itu harus disyukuri.

"Jadi upacara 17 Agustus itu merupakan bentuk wujud syukur kepada Alla SWT karena kita wajib kalau mendapat nikmat wajib bersyukur kepada Allah," kata Abu Bakar Ba'asyir.

Baca Juga: Berpakaian Serba Putih, Abu Bakar Baasyir Ikut Upacara Kemerdekaan di Ponpes Ngeruki


Sumber : Kompas TV/kompas.com

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x