Kompas TV nasional peristiwa

Ini Momen Elang-elang TNI AU Flypast dan Ucapkan Hut ke-77 Kemerdekaan RI dari Dalam Kokpit F 16

Kompas.tv - 17 Agustus 2022, 11:40 WIB
ini-momen-elang-elang-tni-au-flypast-dan-ucapkan-hut-ke-77-kemerdekaan-ri-dari-dalam-kokpit-f-16
Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) unjuk kebolehan Garuda Flight dengan melakukan flypast (atraksi udara) dalam peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 kemerdekaan RI (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV/Ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) unjuk kebolehan Garuda Flight dengan melakukan flypast (atraksi udara) dalam peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 kemerdekaan RI di Istana Merdeka pada Rabu, 17 Agustus 2022.

Sebanyak 14 pesawat tempur F-16 Fighting Falcon yang menderu di udara, bermanuver membentuk formasi angka 77 yang merupakan usia kemerdekaan Republik Indonesia.

Atraksi udara kali ini, dipimpin oleh Flight Leader Mayor Penerbang Bambang Aulia Yudistira yang merupakan Komandan Skadron 16 Lanud Roesmin Nurjadin Pekan Baru dan Deputi Leader Mayor Penerbang Pandu Eka Prayoga dari Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi Madiun.


 

Dari kokpit pesawat tempur, TNI AU melalui Leader Mayor Penerbang Bambang Aulia Yudistira mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca Juga: Wapres Beri Pesan Kemerdekaan: Tinggalkan Ego Pribadi dan Kelompok, Kita Bersama Bangun Nasionalisme

“Kami elang-elang Angkatan Udara di bawah biru langit Ibu Kota mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022,” ucap Bambang Aulia.

“Pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat, salam Swa Bhuwana Paksa, merdeka.”

Saat Garuda Flight melakukan flypast, Presiden Joko Widodo terekam menunjukkan tangannya ke pesawat tempur F-16 Fighting Falcon yang membentuk formasi 77.

Dalam kesempatan tersebut, TNI AU tidak hanya unjuk aksi dengan kebolehan Garuda Flight dengan melakukan flypast.

TNI AU bekerja sama dengan Polri menujukkan atraksi Nusantara Flight, dipimpin oleh Letnan Kolonel Penerbang Imanuel Simarmata yang merupakan alumni AAU tahun 2003.

Baca Juga: Tim Pancasila Tangguh yang Kibarkan Sang Merah Putih di Istana Merdeka, dari Pelajar hingga Jenderal

Nusantara Flight tampil dengan formasi Giant Flag, gabungan TNI dan Polri.

Helikopter yang ikut dalam atraksi dan terdiri AH-64 Apache TNI AD, AS-565 Mbe Panther TNI AL, helikopter EC-725 Caracal Skadron Udara 8, helikopter NAS-332 Super Puma Skadron Udara 6, dan AW-169 Polri.

Dalam atraksinya, Nusantara Flight menggambarkan sinergitas 2 komponen pondasi bangsa yang kokoh dalam menjaga stabilitas keamanan dan pertahanan NRI, yakni TNI-Polri yang solid, tangguh, dan profesional.

Nusantara Flight dengan formasi Giant Flag membawa Bendera Merah Putih Raksasa dan melintas di depan Istana Negara pada saat detik-detik Kemerdekaan Negara RI.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x