Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden AS Biden: Selamat Merdeka Indonesia, Kita Punya Semboyan yang Sama

Kompas.tv - 17 Agustus 2022, 11:28 WIB
presiden-as-biden-selamat-merdeka-indonesia-kita-punya-semboyan-yang-sama
Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengucapkan selamat kepada Indonesia yang tengah memperingati 77 tahun kemerdekaan. (Sumber:Jim Watson/Pool via AP)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyampaikan selamat Hari Kemerdekaan Indonesia pada Rabu (17/8/2022). Ucapan itu disampaikan melalui surat yang tertera di laman resmi Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Jakarta.

"Atas nama Amerika Serikat dan rakyat Amerika, saya mengucapkan selamat kepada Anda dan rakyat Indonesia saat Anda merayakan kemerdekaan bangsa Anda pada 17 Agustus," tulis Biden.

Ia kemudian menekankan persamaan semboyan Indonesia dan Amerika Serikat yang mengutamakan persatuan.


 

Jika Indonesia memiliki semboyan "Bhinneka Tunggal Ika" dengan arti, walau berbeda-beda, tetapi tetap satu, Amerika Serikat punya motto "E Pluribus Unum" dengan makna serupa.

"Sebagai dua negara demokrasi terbesar di dunia, Amerika Serikat dan Indonesia merayakan tonggak sejarah ini, di tengah sejarah panjang dan bersama, yang dibangun di atas visi tersebut," kata Biden.

"Saya menantikan semua yang akan dilakukan kedua negara kita, bersama, untuk memajukan komitmen kita terhadap demokrasi dan bekerja untuk membangun kawasan Indo-Pasifik yang damai, makmur, tangguh dan langgeng," imbuh Presiden AS itu.

Baca Juga: "A Better World Is Possible", Full Pidato SBY di Universitas Kebangsaan Malaysia

Di akhir suratnya, Biden menegaskan Amerika Serikat ikut merayakan momen ini sebagai "teman dan mitra strategis."

Sejumlah negara juga terpantau mengucapkan selamat kepada Indonesia melalui duta besar mereka, seperti Ukraina dan China.

Baca Juga: Sang Saka Merah Putih Telah Berkibar di Istana Merdeka

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x