Kompas TV nasional peristiwa

Sang Saka Merah Putih Telah Berkibar di Istana Merdeka

Kompas.tv - 17 Agustus 2022, 10:41 WIB
sang-saka-merah-putih-telah-berkibar-di-istana-merdeka
Upacara detik-detik Proklamasi memperingati HUT Ke-77 RI yang digelar di Istana Merdeka pada Rabu (17/8/2022). (Sumber: Tangkapan layar Youtube Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Bendera Merah Putih telah berkibar di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022) saat detik-detik Proklamasi dalam rangka HUT ke-77 RI. 

Bendera itu dikibarkan oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tim Pancasila Tangguh, demikian nama yang disematkan untuk bertugas pada upacara tersebut. 

Upacara dimulai sekira pukul 10.00 WIB. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin langsung jalannya upacara. Ia didampingi Ibu Negara, Iriana Joko Widodo. 

Baca Juga: Di Momen HUT ke-77 RI, Wapres: Pulih Negeriku, Bangkit Bangsaku, Jayalah Indonesiaku, Merdeka!

Tampak sejumlah pejabat negara hadir secara terbatas seperti Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Ketua DPR RI Puan Maharani, hingga Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. 


 

Adapun Tim Pancasila Tangguh itu terdiri dari I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi yang merupakan perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. 

Tiga lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera ialah Rafly Tri Aditama sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Kalimantan Tengah, Mario Adhiyaksa Sihombing sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Sumatra Utara, dan Bramantya Rizky Wiratama sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat.

Sementara itu, Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia didapuk menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Saat ini, ia menjabat sebagai Komandan Pusat Pendidikan Pelaut Komando Pendidikan Operasi Laut Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL.

Baca Juga: SBY dan AHY Tak Hadiri Upacara HUT ke-77 RI di Istana Negara, Ini Alasannya

"Pengibaran Sang Merah Putih telah dilaksanakan. Laporan Selesai," kata Andike di lokasi. 

"Kembali di tempat," jawab Presiden Jokowi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x