Kompas TV nasional sosial

168.196 Napi Dapat Remisi di HUT ke-77 RI, 2.725 Orang Langsung Bebas

Kompas.tv - 17 Agustus 2022, 10:15 WIB
168-196-napi-dapat-remisi-di-hut-ke-77-ri-2-725-orang-langsung-bebas
Ilustrasi tahanan di penjara. Sebanyak 168.196 narapidana (Napi) terima remisi umum di HUT ke-77 Kemerdekaan RI. (Sumber: Snopes.com)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly memberikan remisi umum kepada sebanyak 168.196 narapidana (Napi) di HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Berdasarkan keterangan pers dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham, 2.725 napi di antaranya diganjar langsung bebas.  

Penyerahan remisi yang digelar di Kemenkumham, Jakarta Selatan dihadiri empat Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) perwakilan penerima remisi.

Mereka adalah MD (39) dari Rutan Kelas IIA Jakarta, AA (26) dari Lapas Kelas IIA Salemba, MFT (32) dari Rutan Kelas IIA Jakarta, dan AS (24) dari Lapas Kelas IIA Salemba. 

Menurut Yasonna, pemberian remisi bagi napi merupakan bentuk penghargaan bagi mereka yang telah berkomitmen mengikuti program-program pembinaan yang diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dengan baik.

Mereka telah diberikan bekal mental, spiritual, dan sosial untuk dapat berintegrasi secara sehat saat kembali di tengah masyarakat.  

“Saya atas nama pemerintah Indonesia mengucapkan selamat kepada WBP yang menerima remisi. Tunjukkan sikap dan perilaku baik secara konsisten, taat, serta patuh menjalani ketentuan yang ada dalam program pembinaan," kata Yasonna.

Baca Juga: 10 Napi Korupsi di Sumsel Dapat Remisi di HUT ke-77 RI

"Bagi WBP yang langsung bebas, saya berharap jadilan insan dan pribadi yang benar-benar menyadari kesalahan, dapat memperbaiki diri, serta tidak mengulangi lagi perbuatan yang salah. Tidak ada kata terlambat."

Lebih lanjut dia berpesan agar WBP yang telah bebas dapat bereintegrasi dengan baik di masyarakat dan berperan aktif dalam pembangunan.

Yasonna juga berharap agar masyarakat dapat menerima mereka kembali sebagai orang biasa meskipun pernah melakukan kesalahan.

Dalam kesempatan itu, dia juga menegaskan, pemberian remisi telah dilakukan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Adapun, tiga wilayah dengan WBP penerima remisi terbanyak, yaitu Sumatra Utara sebanyak 20.213 orang, Jawa Timur 16.851 orang, dan Jawa Barat 15.768 orang.

Pemberian remisi umum 2022 ini juga ditaksir dapat menghemat anggaran makan WBP sebesar Rp259.289.610.000.

Baca Juga: HUT ke-77 RI 2022, Jokowi: Mari Bersatu Padu Dukung Agenda Besar Wujudkan Indonesia Maju



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.