Kompas TV entertainment lifestyle

Intip Hadiah dari Google untuk Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2022

Kompas.tv - 17 Agustus 2022, 09:55 WIB
intip-hadiah-dari-google-untuk-hari-kemerdekaan-indonesia-17-agustus-2022
Google menampilkan bunga api atau kembang api untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia, Rabu (17/8/2022). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ada kejutan dari Google untuk peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada hari ini, Rabu (17/8/2022).

Jika Anda mengetik di kolom pencarian Google tentang "Hari Kemerdekaan Indonesia" maka akan ada kembang api yang muncul di layar ponsel.

Kembang api tersebut berwarna merah dan putih yang merupakan warna bendera Indonesia.

Google menampilkan bunga api atau kembang api untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia, Rabu (17/8/2022). (Sumber: Kompas TV)

Baca Juga: 20 Ucapan HUT ke-77 RI dan Quotes Kemerdekaan 17 Agustus dari Para Tokoh

Selain itu, Google Doodle hari ini juga dibuat untuk merayakan HUT ke-77 RI.

Google Doodle Hari Kemerdekaan Indonesia ini merupakan karya ilustrasi dari seniman asal Bandung, Wastana Haikal.

Dalam keterangan resminya, Google menyoroti bagaimana warga Indonesia memeringati kemerdekaan yang resmi dideklarasikan pada 17 Agustus 1945 silam dengan berbagai perayaan.


 

"Di seluruh negeri, warna nasional merah dan putih menghiasi rumah dan jalan dalam bentuk bendera dan ornamen. Upacara pengibaran bendera nasional, yang dihadiri oleh presiden Indonesia, diadakan di Istana Negara dan memulai perayaan hari itu," tulis Google.

Adapun Google Doodle hari ini menampilkan ilustrasi Pacu Perahu atau Pacu Jalur, salah satu tradisi paling populer di Hari Kemerdekaan di Kabupaten Kuantan Singingi, Riau.

Baca Juga: Twibbon 17 Agustus Resmi dari Kemensetneg dan Cara Buatnya

Google Doodle hari ini, Rabu (17/8/2022) merupakan ilustrasi Pacu Jalur, tradisi warga Riau untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia. (Sumber: Kompas TV)

Setelah pertunjukan lagu dan tarian, lebih dari seratus perahu berdekorasi semarak mendayung menyusuri Sungai Batang Kuantan. 

Masing-masing tim yang terdiri hingga enam puluh orang mengenakan kostum tari tradisional saat berlomba, sementara penonton berkumpul di tepi sungai.

Sebagai negara bahari, festival pacu perahu merupakan salah satu dari sekian banyak tradisi yang mengajarkan pentingnya kerja sama tim. 

Sebuah pesan yang selaras dengan semboyan nasional Indonesia, Bhineka Tunggal Ika (Bhinneka Tunggal Ika). 

Terakhir, Google juga mengucapkan Selamat Hari Kemerdekaan untuk seluruh masyarakat Indonesia.



Sumber : Google.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x