Kompas TV nasional peristiwa

Tim Pancasila Tangguh yang Kibarkan Sang Merah Putih di Istana Merdeka, dari Pelajar hingga Jenderal

Kompas.tv - 17 Agustus 2022, 09:27 WIB
tim-pancasila-tangguh-yang-kibarkan-sang-merah-putih-di-istana-merdeka-dari-pelajar-hingga-jenderal
Tim Pancasila Tangguh, Petugas Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas mengibarkan bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada Rabu, 17 Agustus 2022 (Sumber: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Petugas Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas mengibarkan bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada Rabu, 17 Agustus 2022, telah ditentukan.

Keterangan ini dikutip dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Rabu (17/8/2022).

Tahun ini, Petugas Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dinamai "Tim Pancasila Tangguh".

Tim Pancasila Tanggung diperkuat oleh I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi yang merupakan perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah dan terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih.

I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi, saat ini masih menempuh pendidikan di SMA Negeri 2 Kudus.

Baca Juga: Rangkaian Upacara 17 Agustus di Istana Presiden, Pertunjukan Seni hingga Atraksi Pesawat Tempur

Tiga lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera ialah Rafly Tri Aditama sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Kalimantan Tengah, Mario Adhiyaksa Sihombing sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Sumatra Utara, dan Bramantya Rizky Wiratama sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat.

Kemudian dalam kesempatan kali ini, Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia, S. Sos, didapuk menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia, S. Sos, saat ini, ia menjabat sebagai Komandan Pusat Pendidikan Pelaut Komando Pendidikan Operasi Laut Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL.

Sementara itu, bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah Kapten Inf. Arya Dwinanda Wijayendra, S.ST.Han.

Baca Juga: HUT ke-77 RI 2022, Jokowi: Mari Bersatu Padu Dukung Agenda Besar Wujudkan Indonesia Maju

Kapten Inf. Arya Dwinanda Wijayendra, S.ST.Han bertugas sebagai Komandan Kompi Senapan A Yonmek 202/Tajimalela Brigif Mekanis 1 PAM Ibu Kota/JS Kodam Jaya.

Adapun bertindak sebagai Perwira Upacara ialah Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya dan lahir di Bangkalan, 10 November 1971.

Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I/Jakarta dan merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1993.

Sebagai informasi, Paskibraka 2022 yang anggotanya berasal dari perwakilan masing-masing provinsi di Indonesia sebelumnya telah dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo pada Senin, 15 Agustus 2022, di halaman Istana Merdeka, Jakarta.

Sebanyak 68 pemuda telah mengucapkan Ikrar Putra Indonesia dan siap untuk menjalankan tugasnya pagi ini.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x