Kompas TV nasional peristiwa

Anies Pimpin Upacara Pengibaran Bendera HUT ke-77 RI di Monas, Bicara Kemerdekaan yang Hakiki

Kompas.tv - 17 Agustus 2022, 09:25 WIB
anies-pimpin-upacara-pengibaran-bendera-hut-ke-77-ri-di-monas-bicara-kemerdekaan-yang-hakiki
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pimpin upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka HUT ke-77 RI di Monas, Rabu (17/8/22). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi inspektur upacara pengibaran bendera dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, Rabu (17/8/22), di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. 

Pada sambutannya, Anies mengingatkan bahwa kemerdekaan bagi negara ini bukanlah sebuah hadiah melainkan perjuangan yang dimulai oleh kaum terdidik yang tercerahkan. 

"Kemudian mereka memperjuangkan, berdirinya sebuah republik untuk menghadirkan kemerdekaan yang hakiki," kata Anies. 

Baca Juga: HUT ke-77 RI 2022, Jokowi: Mari Bersatu Padu Dukung Agenda Besar Wujudkan Indonesia Maju

Kemerdekaan yang haiki, kata Anies, adalah rasa keadilan yang hadir untuk seluruh warga. 

Pagi ini, kata Anies, pengibaran bendera merah putih dilakukan oleh anak-anak muda, pelajar SMA, dan hanya membutuhkan waktu empat menit dari bendera dibentangkan sampai dikibarkan.

"Tapi ingatlah, di tahun 1945 dan sebelum-sebelumnya, diperlukan waktu puluhan tahun, ribuan nyawa, jutaan perjuangan orang-orang indonesia utk untuk bisa pertama kalinya mengibarkan sang merah putih," ujar Anies. 

Anies meminta agar semua yang hadir menyadari bahwa kita adalah pribadi bertanggung jawab yang meneruskan apa yang telah dimulai oleh para pahlawan. 

Setelah upacara pengibaran bender, agenda akan dilanjutkan dengan acara kirab atau pengiriman bendera pusaka merah putih dan teks proklamasi ke Istana Negara. 

Baca Juga: Rangkaian Upacara 17 Agustus di Istana Presiden, Pertunjukan Seni hingga Atraksi Pesawat Tempur

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x