Kompas TV nasional sosok

Cerita SBY Mencintai sang Isteri dan Bola Voli, hingga Lahirkan LavAni, Juara Proliga 2022

Rabu, 17 Agustus 2022 | 08:38 WIB
cerita-sby-mencintai-sang-isteri-dan-bola-voli-hingga-lahirkan-lavani-juara-proliga-2022
Bogor LavAni, klub voli besutan SBY yang langsung menjuarai Proliga 2022 pada debut atau musim pertamanya. (Sumber: Kompas.com)

Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dikenal sebagai pribadi yang inspiratif.

Baru-baru ini, ia membagikan sepotong fragmen hidupnya, ketika menyampaikan kuliah umum di Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM), bertajuk "A Better World is Possible", Selasa (16/8/2022).

Disorot ribuan civitas akademika UKM, putra daerah Pacitan itu memperkenalkan tim bola voli besutannya.

"Saya membawa tim voli. Ya, Anda tak salah dengar, tim bola voli," katanya, disampaikan dalam Bahasa Inggris, sebagaimana ia lakukan sejak awal hingga akhir pidato.

"Saya mencintai olahraga bola voli sepanjang hidup saya," imbuh SBY, disambut tepuk tangan riuh dari hadirin.

Ia lantas bercerita, pernah tergabung dalam klub voli di jenjang sekolah menengah. Hobinya itu juga tersalurkan ketika SBY bisa masuk tim voli akademi militer.

Baca Juga: SBY Sebut G20 Saat Ini Sudah Terpecah, Beda dengan Zamannya

"Ketika saya menjadi Presiden, salah satu kegiatan rekreasi favorit saya adalah bermain bola voli dengan security saya, tentu saja, saat mereka sedang tidak bertugas," kata SBY.

"Pada awalnya agak frustasi, karena entah bagaimana mereka akan selalu membiarkan saya menang. Mereka mengalah biar saya senang," ungkapnya.

Berawal dari sekadar hobi, ada satu momen yang membuat SBY memutuskan untuk merambah dunia voli kompetitif. Momen itu datang ketika istrinya, Ani Yudhoyono, meninggal pada 2019 lalu.

"Setelah meninggalnya istri tercinta saya, Ani Yudhoyono, saya membangun sebuah tim bola voli. Tim ini disebut LavAni atau Love Ani, diambil dari nama depan istri saya," ujar SBY.

"Ini adalah tim yang serius, dengan atlet yang berdedikasi. Saya senang mengatakan bahwa LavAni membuat sejarah dengan memenangkan liga profesional (Proliga-red) indonesia 2022 pada debut atau musim pertamanya," imbuh SBY.

LavAni, klub voli yang berdomisili di Bogor, memang dikenal sebagai salah satu tim kejutan yang mewarnai kompetisi Proliga musim 2022. 

Sebelum menekuk Surabaya Bhayangkara Samator pada partai final, LavAni bahkan telah menggila sejak fase grup.

Adapun jelang dimulainya kompetisi musim depan, LavAni tengah melakukan sejumlah persiapan, termasuk uji tanding lawan klub Malaysia.

"Tim LavAni akan memainkan pertandingan persahabatan di sini, di Malaysia. Saya berjanji kepada mereka, jika menang, mereka akan mendapatkan semua nasi lemak yang ingin mereka makan," ujar SBY, disambut tawa dan tepuk tangan hadirin.

Berawal dari hobi voli dan kecintaannya kepada sang istri, SBY mampu membesut tim voli baru yang langsung disegani dalam kompetisi voli kancah nasional.

Baca Juga: Tanggapi Perang Ukraina, SBY Bagikan Pengalaman Penyelesaian Konflik GAM

 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x