Kompas TV video vod

SBY Sampaikan Optimisme saat Pidato di Malaysia: A Better World is Possible

Kompas.tv - 16 Agustus 2022, 19:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS TV - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY jadi keynote speaker di acara  Syarahan Canselor Tuanku Muhriz Ke-5 di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Selasa (16/8).

Dalam kuliah umumnya, SBY soroti isu-isu yang menjadi tantangan global, di antaranya resesi geopolitik, resesi ekonomi, dan perubahan iklim.

SBY juga sampaikan optimisme, bahwa dunia bisa menjadi lebih baik di tengah goncangan global yang terjadi.

Baca Juga: Pidato Optimis SBY di Malaysia, Ajak Negara untuk Bangun Kekuatan Besar

“Sebagai mantan kepala negara dan kepala pemerintahan, saya selalu percaya, “Dunia yang Lebih Baik Itu Mungkin”. Dunia yang lebih baik adalah mungkin jika semua tantangan itu dapat diatasi dengan tatanan dunia yang efektif, sehat, dan adil,” ungkap SBY.

SBY mengajak negara-negara di dunia untuk membangun kerjasama, di mana kekuatan besar, menengah dan kecil berinteraksi atas dasar kesamaan daripada perbedaan. Dengan pola pikir berwawasan ke depan, dan meninggalkan permainan zero-sum demi pendekatan menang-menang.

“Untuk mempromosikan kerjasama geopolitik, kita perlu menutup defisit kepercayaan yang semakin melebar, dan mengembangkan kepercayaan strategis antar negara,” tegas SBY. 

Video Editor: Febi Ramdani



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x