Kompas TV regional peristiwa

KKB Berulah Jelang HUT RI, Bakar Fasilitas Umum dan Rumah Warga di Intan Jaya Papua

Kompas.tv - 16 Agustus 2022, 18:47 WIB
kkb-berulah-jelang-hut-ri-bakar-fasilitas-umum-dan-rumah-warga-di-intan-jaya-papua
Barak Dinas Pemuda dan Olahraga Intan Jaya dibakar KKB, Intan Jaya, Papua, Selasa (16/8/2022). (Sumber: Dok. Humas Polda Papua)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Vyara Lestari

INTAN JAYA, KOMPAS.TV - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah jelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Mereka kembali bergerak dan terjadi kontak senjata dengan aparat keamanan pada Selasa (16/8/2022).

Adapun lokasi kontak senjata ini terjadi di Kampung Mamba, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Direktur Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah (Polda) Papua Kombes Faizal Ramadhani mengatakan, kontak tembak tersebut berlangsung selama tiga jam mulai dari pukul 10.00 hingga 13.00 WIT.

Selama aksi tembak itu terjadi, aparat keamanan tidak diperbolehkan keluar dari pos agar tidak terjadi risiko jatuhnya korban jiwa.

Baca juga: Kapolda Papua Minta Pemerintah Awasi Ketat Penggunaan Dana Desa, Diduga untuk Bantu KKB

Namun, KKB kemudian melakukan pembakaran pada sejumlah bangunan, termasuk fasilitas umum dan rumah warga.

"Yang terbakar itu satu gedung barak Dinas Pemuda dan Olahraga. Untuk pembakaran honai, kita sedang data, tetapi karena anggota sedang siaga, sehingga untuk olah TKP dan pendataan akan dilakukan setelah situasi dianggap kondusif," kata Faizal, Selasa (16/8/2022), dikutip dari Kompas.com.


Setelah kontak tembak berhenti, sambung Faizal, aparat keamanan segera melakukan penyisiran untuk mengusir KKB keluar dari wilayah tersebut. Ia juga memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu

Baca juga: Seorang ASN di Nduga Papua Bawa Rp450 Juta untuk Beli Amunisi KKB, Diduga dari Beberapa Pejabat

Faizal menambahkan, aparat keamanan sudah dalam kondisi siaga sebelum kontak tembak terjadi. Sebab, pergerakan KKB jelang perayaan HUT Kemerdekaan RI tersebut sudah terdeteksi sebelumnya.

"Sebetulnya dari laporan intelijen, kita sudah mengantisipasi sejak beberapa waktu lalu dan kita sudah memberikan arahan di sembilan daerah yang menjadi sasaran operasi damai Cartensz, terkait kejadian-kejadian atau penyerangan yang dilakukan oleh KKB," kata Faizal.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.