Kompas TV olahraga kompas sport

Termasuk Indonesia, Ini Daftar Negara Asia yang Pernah Kena Sanksi FIFA sebelum India

Selasa, 16 Agustus 2022 | 18:16 WIB
termasuk-indonesia-ini-daftar-negara-asia-yang-pernah-kena-sanksi-fifa-sebelum-india
India menjadi negara teranyar yang kena sanksi FIFA setelah asosiasi sepak bola di negara tersebut diintervensi pihak ketiga. (Sumber: Twitter @IndianFootball)

Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan sepak bola dunia, FIFA, baru saja menjatuhkan sanksi kepada asosiasi sepak bola India (AIFF) karena campur tangan pihak ketiga dalam administrasi sepak bola.

Hukuman ini diberikan usai Mahkamah Agung India membubarkan Komite Kerja AIFF dan menunjuk Komite Administrator (CoA) untuk mengambil alih tugas dan operasi sehari-hari.

Intervensi pihak ketiga pada urusan sepak bola sangat dilarang oleh FIFA karena melanggar aturan dari organisasi yang saat ini dipimpin oleh Gianni Infantino itu. 

Dengan sanksi ini, maka India tidak akan bisa berpartisipasi di ajang Piala Asia 2023. Selain itu, hak mereka sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 Wanita juga dicabut. 

Terdekat, Timnas India tidak bisa bertanding di kancah internasional termasuk di turnamen persahabatan yang akan digelar di Vietnam. 

Klub dari India juga terkena dampak dengan Mohun Bagan tidak bisa melanjutkan kiprahnya di AFC Cup 2022.


India menjadi negara kesekian yang pernah kena sanksi FIFA. Sebelumnya, sejumlah negara Asia, termasuk Indonesia, juga sempat mendapat hukuman serupa karena intervensi pihak ketiga. 

Baca Juga: Resmi, FIFA Sanksi Federasi Sepak Bola India

Berikut daftar negara Asia yang pernah kena sanksi FIFA. 

IRAK (2008 & 2009)

Tak hanya sekali, Irak ternyata sempat dua kali kena sanksi FIFA tepatnya pada 2008 dan 2009. Pada 2008, salah satu kekuatan sepak bola Asia itu dijatuhi sanksi karena campur tangan pemerintah Irak. 

Irak saat itu membubarkan Komite Olimpiade Nasional dan Federasi Olahraga Nasional, menyebabkan FIFA menghukum mereka.

Meski begitu, sanksi tersebut hanya berlangsung dua hari setelah pemerintah Irak mengklarifikasi bahwa federasi sepak bola Irak tidak dibubarkan dan mereka tidak pernah bermaksud untuk mengintervensi asosiasi sepak bola. 

Namun setahun berselang, Irak kena sanksi FIFA kembali karena pembubaran Federasi Sepak Bola Irak (IFA) oleh Komite Olimpiade Irak. Setelah IFA dipulihkan pada Maret 2010, FIFA kemudian mencabut larangan tersebut.

KUWAIT (2015)

Pada tahun 2015, Asosiasi Sepak Bola Kuwait (KFA) dilarang setelah pemerintah negara tersebut mengganggu fungsi organisasi. 


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x