Kompas TV nasional peristiwa

Lingkungan Sekitar Istana Negara Steril Besok, Ini Rekayasa Lalu Lintas Upacara HUT ke-77 RI

Kompas.tv - 16 Agustus 2022, 13:52 WIB
lingkungan-sekitar-istana-negara-steril-besok-ini-rekayasa-lalu-lintas-upacara-hut-ke-77-ri
Ilustrasi rekayasa lalu lintas. (Sumber: Twitter TMC Polda Metro Jaya)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kawasan di sekitar Istana Merdeka dan Istana Negara akan ditutup dan disterilkan jalurnya pada upacara peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI pada Rabu (17/8/2022) besok. 

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya pun memberlakukan rekayasa lalu lintas di sekitar Istana Merdeka dan Istana Negara untuk pengamanan. 

 "Patung Kuda kami akan lakukan penutupan, Harmoni penutupan, Gambir juga dilakukan penutupan sehingga lingkungan Istana betul-betul steril dari lalu lintas," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman di Jakarta, dikutip dari Antara, Selasa (16/8/2022).

Baca Juga: Muhadjir Effendy Jadi Inspektur Upacara HUT ke-77 RI di Ponpes Ngruki Milik Abu Bakar Ba'asyir

Latif mengatakan, sterilisasi jalur dilakukan pada Selasa malam mulai pukul 21.00 WIB hingga berakhirnya Upacara Penurunan Bendera Merah Putih pada Rabu sore.

Untuk menjaga kelancaran lalu lintas, Ditlantas Polda Metro Jaya akan menurunkan 500 Polisi Lalu Lintas (Polantas).

Mereka akan bertugas menjaga kelancaran lalu lintas di lokasi upacara maupun kawasan lain yang terdampak oleh penutupan jalan.

Latif memperkirakan penutupan jalan di sekitar Istana tidak akan menimbulkan kemacetan karena 17 Agustus adalah hari libur nasional.

"Besok hari libur mudah-mudahan arus lalu lintas tidak terlalu padat, ini yang menguntungkan kita. Masyarakat juga akan merayakan hari kemerdekaan di tempat masing-masing," ujar dia.

Baca Juga: Kukuhkan Paskibraka Jakarta untuk Upacara HUT ke-77 RI, Ini Pesan Anies

Sebelumnya, Sekretariat Presiden telah mengumumkan akan menyelenggarakan rangkaian Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih dengan kondisi seperti sebelum Covid018. 

Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) akan diturunkan secara penuh sesuai formasi 17-8-45 pada dua sesi upacara tersebut.

Kemudian, Istana juga menyelenggarakan kembali kirab atau arak-arakan Sang Saka Merah Putih dan Naskah Proklamasi dari Monumen Nasional (Monas) menuju Istana Merdeka.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x