Kompas TV regional berita daerah

Kirab Kebaya Merah Putih di Solo, Ajak Anak Muda Cinta Kebaya

Kompas.tv - 16 Agustus 2022, 12:53 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Sebagai kegiatan untuk memperingati Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, kelompok pecinta kebaya di Solo, Jawa Tengah, menggelar kirab kebaya merah putih. Para peserta kirab terdiri dari ibu-ibu dan juga remaja.

Kirab kebaya merah putih tersebut dimulai dari Loji Gandrung Rumah Dinas Wali Kota Solo dengan memanfaatkan momen car free day (CFD), Minggu (14/08/2022) pagi. Para peserta kirab menyanyikan lagu-lagu kemerdekaan sambil membawa bendera merah putih. Tak hanya kalangan ibu-ibu, sejumlah anak muda juga turut bergabung dalam kirab kebaya tersebut. Melalui aksi ini, diharapkan pemerintah segera menetapkan hari kebaya nasional. Apalagi, kini Indonesia tengah memperjuangkan ke UNESCO agar kebaya diakui sebagai pusaka warisan dunia dari Indonesia.

“Tujuannya agar semakin banyak anak-anak muda kita yang memakai kebaya, mencintai kebaya, karena kebayalah satu-satunya warisan leluhur kita yang patut kita banggakan,” tutur Baningsih Tedjokartono, koordinator kirab kebaya.

Menurut Alura Larasari, salah satu pecinta kebaya, pemakaian kebaya sendiri tidak ribet. Justru, memakai kebaya menurutnya adalah hal yang menarik, dan kita harus bangga mengharumkan budaya.

Setelah kirab, para pecinta kebaya juga menggelar fashion show di zebra cross. Mereka bergaya seolah-olah di ajang catwalk dengan kebaya yang dikenakannya.

#kirabkebaya #hutrike-77 #solo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x