Kompas TV olahraga kompas sport

Resmi, FIFA Sanksi Federasi Sepak Bola India

Kompas.tv - 16 Agustus 2022, 12:40 WIB
resmi-fifa-sanksi-federasi-sepak-bola-india
Logo FIFA (Sumber: KOMPAS.COM)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Desy Afrianti

ZURICH, KOMPAS.TV - FIFA resmi menjatuhkan sanksi kepada federasi sepak bola India (AIFF) pada Senin (15/8/2022) waktu setempat. 

"Biro Dewan FIFA dengan suara bulat memutuskan untuk menangguhkan Federasi Sepak Bola Seluruh India (AIFF) dengan segera karena pengaruh yang tidak semestinya dari pihak ketiga, yang merupakan pelanggaran serius terhadap Statuta FIFA," tulis pernyataan resmi FIFA. 

Pelanggaran serius yang dimaksud adalah sebuah federasi sepak bola anggota FIFA harus terbebas dari pengaruh politik dan hukum dari negara asal. 

Singkatnya, FIFA menilai Mahkamah Agung India melakukan intervensi dalam proses pemilihan presiden AIFF terbaru. 

Keputusan ini menyebabkan seluruh kegiatan AIFF ditangguhkan untuk sementara. 

Dampak nyata dari sanksi FIFA antara lain adalah India terancam gagal menggelar Piala Dunia U17 Putri yang rencananya bergulir pada 11-30 Oktober 2022 mendatang. 

Baca Juga: Tiga Calon Lawan Timnas Indonesia pada FIFA Match Day September: Curacao, India dan Hongkong

"Penangguhan tersebut berarti bahwa Piala Dunia U-17 2022 yang dijadwalkan berlangsung di India pada 11-30 Oktober 2022 saat ini tidak dapat diadakan di India seperti yang direncanakan," tulis FIFA.

Sanksi ini baru bisa dicabut apabila AIFF segera membentuk komite administrator untuk mengambil alih kekuasaan Komite Eksekutif AIFF yang saat ini telah dicabut. 

Lain itu, kejadian ini juga berimbas secara tidak langsung kepada Timnas Indonesia. 

Seperti diketahui, selain Curacao dan Hong Kong, India merupakan salah satu calon opsi lawan Timnas Indonesia di laga FIFA Matchday pada September mendatang. 

Baca Juga: PSSI Ingin FIFA Matchday Bulan September Berlangsung di GBLA

 



Sumber : Kompas TV/FIFA.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x