Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Putin Promosikan Senjata Rusia, Siap Jual Senjata Presisi Tinggi dan Kerja Sama Teknologi Militer

Kompas.tv - 16 Agustus 2022, 11:56 WIB
putin-promosikan-senjata-rusia-siap-jual-senjata-presisi-tinggi-dan-kerja-sama-teknologi-militer
Presiden Putin hari Senin (15/8/2022) mengatakan Rusia siap menjual senjata canggih secara global dan bekerja sama dalam mengembangkan teknologi militer (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

LONDON, KOMPAS.TV - Presiden Vladimir Putin hari Senin (15/8/2022) mengatakan Rusia siap menjual senjata canggih kepada sekutu secara global dan bekerja sama dalam mengembangkan teknologi militer, seperti laporan Straits Times, Selasa, (16/8/2022).

Promosi dari Putin itu terjadi hampir enam bulan memasuki perang Ukraina di mana pasukannya melakukan lebih buruk dari yang diharapkan.

Dia mengatakan tawaran Rusia termasuk senjata presisi tinggi dan robotika.

“Banyak dari mereka (senjata-senjata Rusia) bertahun-tahun, atau mungkin beberapa dekade di depan pesaing asing mereka, dan dalam hal karakteristik taktis dan teknis mereka secara signifikan lebih unggul,” kata Putin berpromosi.

Dengan pasukannya dipukul mundur dari dua kota terbesar di Ukraina dan membuat kemajuan yang lambat dengan biaya besar di provinsi timur, perang sejauh ini terbukti belum meyakinkan bagi industri senjata Rusia.

Baca Juga: Putin Ungkap Kengerian Rudal Hipersonik Zircon, Mampu Respons Secepat Kilat Ancaman

Fregat Admiral Gorshkov bernomor lambung 454 menembakkan rudal jelajah hipersonik Tsirkon atan Zirkon 1.000 km dari Laut Barents ke sasaran laut di Laut Putih. Presiden Putin hari Senin (15/8/2022) mengatakan Rusia siap menjual senjata canggih secara global dan bekerja sama dalam mengembangkan teknologi militer. (Sumber: Tass)

Namun Putin, yang berbicara di sebuah pameran senjata di luar Moskow, bersikeras persenjataan Rusia bertahun-tahun di depan pesaing mereka.

Rusia menghargai hubungannya yang kuat dengan Amerika Latin, Asia dan Afrika dan siap memasok sekutu di sana dengan keseluruhan senjata dari senjata kecil hingga kendaraan lapis baja, artileri, pesawat tempur dan drone, katanya.


 

"Hampir semuanya telah digunakan lebih dari satu kali dalam operasi tempur nyata."

Rusia menempati urutan kedua setelah Amerika Serikat dengan penjualan senjata sekitar US$15 miliar per tahun, hampir seperlima dari pasar ekspor global.

Dari 2017-2021, 73 persen dari penjualan itu hanya mengalir ke empat negara - India, China, Mesir, dan Aljazair, menurut Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm.

Baca Juga: Mengenal Sukhoi Su-57, Jet Tempur Generasi Kelima yang Dibanggakan Rusia, Digunakan Gempur Ukraina

Jet tempur Sukhoi Su-57 dipamerkan dalam Forum Teknologi Militer Internasional (Army) di Moskow, Rusia pada 2020. Presiden Putin hari Senin (15/8/2022) mengatakan Rusia siap menjual senjata canggih secara global dan bekerja sama dalam mengembangkan teknologi militer. (Sumber: Andrei Shmatko via Wikimedia)


Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x