Kompas TV regional berita daerah

Kirab Kebaya Ajak Generasi Muda Cintai Budaya

Selasa, 16 Agustus 2022 | 11:20 WIB

Penulis : KompasTV Pekalongan

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Kirab ini dimulai dari Loji Gandrung, rumah Dinas Wali Kota Solo, Jawa Tengah, minggu pagi. Memanfaatkan momen car free day, wanita-wanita ini kirab sembari menyanyikan lagu-lagu kemerdekaan. Tak hanya kalangan ibu-ibu, sejumlah anak muda turut bergabung dalam aksi ini.

 

Kebaya sebagai salah satu warisan budaya, khususnya jawa, seharusnya menjadi identitas dari wanita di Indonesia. Namun di masa modern ini, banyak yang enggan mengenakan kebaya lagi. Dan dengan adanya gerakan ini, diharapkan kebaya akan terus lestari dan bermanfaat.

 

Anak muda sebagian sudah mulai menyukai, dan juga mengenakan kebaya dalam berbagai kesempatan. Mereka mengaku tidak malu, apalagi merasa repot saat harus mengenakan kebaya.

 

Setelah kirab para wanita ini, juga menggelar fashion show di zebra cross. Mereka bergaya seolah di catwalk, dengan kebaya masing-masing. Dengan aksi semacam ini, diharapkan pemerintah akan segera menetapkan hari kebaya nasional. Apalagi ada tujuan besar, yaitu memperjuangkan ke UNESCO agar kebaya, diakui sebagai pusaka warisan dunia dari Indonesia.


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x