Kompas TV nasional rumah pemilu

Puan: Tahun Politik Sepertinya Datang Lebih Awal

Selasa, 16 Agustus 2022 | 11:25 WIB
puan-tahun-politik-sepertinya-datang-lebih-awal
Ketua DPR RI Puan Maharani (Sumber: Dok. Humas BPIP)

Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPR RI Puan Maharani menyinggung pelaksanaan Pemilu 2024 dalam Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022. 

Menurut dia, pelaksanaan pesta demokrasi sudah ramai diperbincangkan oleh segenap masyarakat Indonesia meski pemilu baru akan digelar pada 2024 mendatang. 

Baca Juga: Pantun Politik Bamsoet soal Capres 2024: Ingat Pesan Presiden, Ojo Kesusu

"Kita semua dapat merasakan, bahwa tahun politik sepertinya datang lebih awal. Perbincangan tentang suksesi kepemimpinan nasional menjadi topik di media sosial hingga warung-warung kopi di penjuru negeri,” kata Puan di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (16/8/2022). 

Mantan Menko PMK itu mengimbau kepada seluruh elite politik untuk membangun koalisi partai secara aman dan damai. 


"Marilah kita membangun komitmen bersama untuk melaksanakan pesta demokrasi dengan aman, damai, bersuka ria dan tanpa memecah-belah persatuan dan kesatuan bangsa,” ujarnya. 

Menurut dia, sejak pemilu demokratis kembali digelar pada tahun 1999, masyarakat sudah mengajarkan bagaimana menyikapi perbedaan dalam berpolitik. 

"Kita tentu paham kapan waktu bertanding, dan kapan waktu bersanding,” katanya.

Puan mengatakan, dalam membangun peradaban demokrasi Indonesia yang makin maju, maka diperlukan pelaksanaan Pemilu yang berkualitas. 

Puan berharap partai politik peserta Pemilu yang makin maju dalam mengartikulasikan kepentingan rakyat.

Dia juga mengingatkan agar partai-partai politik senantiasa memegang teguh komitmennya untuk menjaga dan mengawal Pancasila serta memperkukuh Persatuan Bangsa.

“Pelaksanaan pemilu legislatif, presiden dan pilkada serentak akan dilaksanakan pada tahun 2024. Tahapan Pemilu sudah dan sedang dijalankan oleh KPU. Menjadi komitmen kita Bersama, untuk menjadikan Pemilu 2024 sebagai Pemilu yang demokratis, jujur, adil dan bermartabat,” kata dia.

Seperti diketahui, berembus kabar Puan digadang-gadang akan menjadi capres di Pilpres 2024 mendatang. 

Baca Juga: Pesan Puan Terkait Pemilu 2024: Paham Waktu Bertanding dan Waktu Bersanding, Perempuan Beri Ruang

Namun, hingga saat ini Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri belum memberikan keputusan ihwal siapa yang akan diusung oleh partai berlambang kepala banteng moncong putih tersebut.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x