Kompas TV nasional sosok

Sosok Abdoel Moeis, Pahlawan Nasional Pertama RI yang Dikukuhkan Bung Karno

Selasa, 16 Agustus 2022 | 10:42 WIB
sosok-abdoel-moeis-pahlawan-nasional-pertama-ri-yang-dikukuhkan-bung-karno
Abdoel Moeis, sosok yang pertama mendapat gelar Pahlawan Nasional dari Presiden Soekarno. (Sumber: direktoratk2krs.kemsos.go.id)

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Tidak banyak yang tahu, sosok Abdoel Moeis merupakan sosok pertama yang dianugerahi gelar Pahlawan Nasional.

Ia dikukuhkan menjadi Pahlawan Nasional oleh Pendiri Republik Indonesia, Ir Soekarno atau Bung Karno berdasarkan no SK 218 Tahun 1959 tertanggal 30 Agustus 1959. 

Abdoel Moeis atau Abdul Muis sendiri lahir pada 3 Juli 1883 di Sungai Puar, Agam, Sumatra Barat.

Ia merupaan putra Datuk Tumenggung Lareh, Sungai Puar. Seorang tokoh masyarkat setempat yang dihormati.

Sedari kecil, ia tumbuh jadi seseorang yang mahir berbahasa asing, termasuk berbahasa Belanda. Ia juga sekolah di Stovia, sekolah elite kedokteran di Batavia. 

Berkat keahlian berbahasa juga, ia bahkan menjadi orang pribumi pertama yang diangkat menjadi pekerja kantoran pada saat itu. Namun pengangkatannya itu tidak disukai oleh karyawan Belanda.

Setelah kurang lebih 2,5 tahun bekerja, ia keluar dari pekerjaannya, kemudian menekuni kata hatinya untuk berjuang memerdekakan Republik Indonesia.

Ia jadi jurnalis, sastrawan, hingga aktif di pelbagai organisasi pergerakan dan politik. 

Baca Juga: Di Dukuh Atas, Ketika Bung Karno Dibuat Kesal oleh Friedrich Silaban

Jurnalis yang Terjun di Politik Pergerakan

Karier jurnalistiknya dimulai sebagai redaksi Bintang Hindia, lalu di beberapa media hingga jadi pemimpin Redaksi Harian Kaoem Moeda.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x