Kompas TV feature news or hoax

Hoax Syndrome Ramsay Hunt Disebabkan Vaksin Covid 19 - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 16 Agustus 2022, 14:01 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Beredar informasi yang menyatakan Ramsay Hunt Syndrome yang diderita Justin Bieber disebebkan oleh vaksin Covid-19. Cuitan tersebut menyebutkan bahwa Ramsay Hunt Syndrome termasuk salah satu kategori kejadian ikutan pasca-imunisasi atau kipi vaksin Covid-19.

Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia atau IDI Profesor Dokter Zubairi Djoerban menjelaskan Ramsey Hunt Syndrome yang diderita Justin Bieber adalah suatu kondisi yang disebabkan reaktivasi virus. Sindrom ini bertanggung jawab atas 12 persen kasus kelumpuhan wajah dengan prognosis yang lebih buruk ketimbang bell’s palsy atau kelumpuhan salah satu sisi otot wajah sehingga wajah tampak melorot.

Virus yang menyebabkan penyakit ini adalah Varicella Xoster (Virus VZV) ini adalah virus yang sama yang menyebabkan anak-anak terkena cacar air dan cacar ular pada dewasa. Belum ada bukti terkait Ramsay Hunt Syndrome yang dialami Justin Bieber disebabkan vaksin Covid-19. Sindrome ini juga sudah ada obatnya dan tersedia di apotek-apotek.

Jadi, informasi yang menyatakan sindrom Ramsay Hunt yang dimiliki Justin Bieber disebabkan oleh vaksin Covid-19 adalah tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x