Kompas TV nasional hukum

Komnas HAM Sebut Temukan Indikasi Kuat Obstruction of Justice Usai Periksa TKP Tewasnya Brigadir J

Kompas.tv - 15 Agustus 2022, 19:45 WIB
komnas-ham-sebut-temukan-indikasi-kuat-obstruction-of-justice-usai-periksa-tkp-tewasnya-brigadir-j
Komisioner Komnas HAM Choirul Anam dan Beta Ulung Hapsara memberikan keterangan usai cek TKP tewasnya Brigadir J di rumah mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo, Senin (15/8/2022). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI menyebutkan ada kuat indikasi obstruction of justice atau upaya penghambatan penegakan hukum dalam kasus kematian Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Hal itu disampaikan Komisioner Komnas HAM Mohammad Chorirul Anam setelah melakukan pengecekan tempat kejadian perkara (TKP) tewasnya brigadir J yakni di rumah dinas mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo, Senin (15/8/2022).

Adapun rumah dinas Sambo berada di Komplek Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan.

"Obstruction of justice sejak awal kami katakan ada indikasi kuat, ketika kami cek di TKP indikasi itu semakin menguat," kata Anam, Senin.

Baca juga: Setibanya di Rumah Dinas Ferdy Sambo, Komnas HAM Selidiki Ini Terkait Tewasnya Brigadir J


 

Anam mengatakan saat melakukan pengecekan di TKP, tim dari Komnas HAM juga didampingi langsung oleh Inafis, Dokkes Polri dan Labfor Polri.

Dalam proses pengecekan tersebut, tim dari Komnas HAM menguji dan mencocokkan sejumlah foto dan keterangan yang telah dikumpulkan. Antara lain mengenai sudut dan bekas tembakan yang terdapat di TKP.

"Kami cek ruangannya apakah betul dan lain sebagainya," ucapya.

Selain itu, tim dari Komnas HAM juga menanyakan perihal posisi jenazah Brigadir J. Anam menyebutkan bahwa keterangan yang disampaikan pihak Polri sama dengan apa yang dikantongi oleh Komnas HAM.

"Proses ini membuat kami dan juga peristiwanya menjadi terang benderang." kata dia.

Baca juga: Polri Dalami Informasi Bharada E Diimingi Rp 1 Miliar oleh Ferdy Sambo untuk Tembak Brigadir J

Komnas HAM juga mengapresiasi sifat keterbukaan dari Polri yang memberikan akses dan informasi seluas-luasnya kepada tim Komnas HAM dalam upaya proses pemeriksaan yang di TKP.

Lebih lanjut, Anam mengatakan pihaknya akan mulai menyusun temuan-temuan terkait dengan kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J.

"Jadi, minggu ini kami menyiapkan draf yang nantinya menjadi bahan diskusi secara internal oleh tim, kemudian menyiapkan sejumlah rekomendasi," ujar Anam.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.