Kompas TV nasional rumah pemilu

Soal Capres di Pilpres 2024, PDIP: Seluruh Kader Harus Tegak Lurus Keputusan Megawati

Senin, 15 Agustus 2022 | 18:57 WIB
soal-capres-di-pilpres-2024-pdip-seluruh-kader-harus-tegak-lurus-keputusan-megawati
Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah memberikan keterangan pers seputar acara peringatan HUT ke-44 PDI Perjuangan di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (9/1/2017). Peringatan HUT ke-44 PDI Perjuangan akan berlangsung Selasa (10/1/2017) di Jakarta Convention Center. (Sumber: KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO)

Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah mengatakan, seluruh kader berlambang kepala banteng moncong putih harus patuh terhadap keputusan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri ihwal capres yang akan diusung PDIP pada gelaran Pilpres 2024.  

“Kader-kader PDIP harusnya tegak lurus terhadap aturan yang dibuat sendiri oleh seluruh segenap partai di dalam setiap kongresnya. Ibu (Megawati) kan sudah mengingatkan jangan bermanuver, jangan double standar, jangan banyak pasang kaki dll. Tegak lurus. Karna yang memberikan prerogatif kepada Ibu Mega ya partai itu sendiri dalam kongres,” kata Basarah di Gedung DPR, Jakarta, Senin (15/8/2022). 

Baca Juga: Politikus PDIP Ini Sebut Puan Maharani Lebih Berpeluang Diusung Jadi Capres, yang Lain Tidak Ada

Terkait kunjungan Presiden Jokowi ke Solo beberapa waktu lalu dan didampingi oleh Ganjar Pranowo, Wakil Ketua MPR RI ini menjawab normatif. 
 
“PDIP telah membuktikan sebagai partai yang dipimpin oleh Ibu Megawati Soekanoputri, yang telah banyak melahirkan kader-kader calon pemimpin bangsa, baik di pusat maupun di daerah. Itulah keberhasilan dan kesuksesan Ibu Megawati memimpin PDIP,” ujarnya. 

Ia menyebut, hingga saat ini kader PDIP masih menunggu keputusan Megawati dalam memutuskan nama capres yang akan diusung nanti. 

“Ibu Megalah yang paling tahu, siapa-siapa saja kader-kadernya yang akan ditugaskan apakah itu dari lembaga legislatif, eksekutif, atau struktural partai,” katanya. 

Selain itu, kata dia, AD/ART PDIP juga memberikan mandat kepada Ketua Umum Megawati untuk memutuskan nama capres-cawapres yang akan diusung dalam pesta demokrasi mendatang. 

Baca Juga: Ganjar Dinilai Akan Kalah di Pilpres 2024 jika Tak Diusung PDIP

“Oleh karena itu, dalam kaidah kepartaian kami, tepatnya di AD/ART, diatur hak prerogatif Ibu Megawati sebagai ketum PDIP."

"Hak prerogatif inilah yang harus dihormati, ditaati dan dilaksanakan oleh segenap kader PDIP. Karena itu menajdi domain dan ranahnya Ibu Megawati,” katanya.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x